Text
Studi komparatif implementasi metode an-nahdliyah dalam pembelajaran al-qur'an di tpq tarbiyatul mubtadi-ien kediri dan tpq daarul musthofa tulungagung
Pembelajaran Al-Qur’an merupakan salah satu usaha untuk memberantas buta huruf Al-Qur’an. Salah satu unsur yang dapat membantu tercapainya usaha tersebut adalah dengan memilih metode pembelajaran Al-Qur’an yang tepat. Dalam hal ini, pemilihan metode pembelajaran Al-Qur’an memiliki peran yang tidak kecil bagi tercapainya tujuan tersebut. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui lebih lanjut tentang (1) implementasi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode An-Nahdliyah di TPQ Tarbiyatul Mubtadi-ien Kediri. (2) implementasi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode An-Nahdliyah di TPQ Daarul Musthofa Tulungagung. (3) persamaan dan perbedaan implementasi pembelajaran AlQur’an dengan metode An-Nahdliyah di TPQ Tarbiyatul Mubtadi-ien Kediri dan di TPQ Daarul Musthofa Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Lokasi penelitian ini adalah TPQ Tarbiyatul Mubtadi-ien Kediri dan TPQ Daarul Musthofa Tulungagung. Alasan peneliti memilih lokasi tersebut dikarenakan kedua TPQ tersebut memiliki kekhasan, kemenarikan, keunikan, dan sesuai dengan topik dalam penelitian ini. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk memperoleh data didapat dari informan dalam berbagai bentuk seperti catatan tertulis dan foto. Informan kunci dalam penelitian ini terdiri atas: Kepala TPQ, Ustadz dan Ustadzah TPQ Tarbiyatul Mubtadi-ien Kediri dan TPQ Daarul Musthofa Tulungagung. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, implementasi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode An-Nahdliyah di TPQ Tarbiyatul Mubtadi-ien Kediri dan TPQ Daarul Musthofa Tulungagung, meliputi: perencanaan pembelajaran, tarjet yang akan dicapai dalam pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi dalam pembelajaran. sedangkan untuk persamaan implementasi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode An-Nahdliyah di TPQ Tarbiyatul Mubtadi-ien Kediri dan di TPQ Daarul Musthofa Tulungagung, cukup signifikan sebab semua aspek hampir sama, sedangkan untuk perbedaan implementasi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode An-Nahdliyah di TPQ Tarbiyatul Mubtadi-ien Kediri dan di TPQ Daarul Musthofa Tulungagung terletak pada evaluasi dan kebijakan TPQ.
Tidak tersedia versi lain