Text
Hubungan Sosial Orang Tua Dan Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Belajar Al-Qura’an Hadits Pada Siswa-Siswi Kelas X dan XI di MA Syekh Subakir di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar Tahun Ajaran 2016-2017
Prestasi belajar merupakan ukuran keberhasilan atau kemampuan seseorang dalam menyelesaikan jenjang pendidikanya. Peran serta orang tua sangat membantu siswa dalam membantu prestasi belajar yang maksimal. Adanya dukungan sosial orang tua akan memberikan kenyamanan fisik dan psikologis bagi anak. Dengan dukungan tersebut anak akan merasa dicintai, diperhatikan, dan dihargai. Guna menciptakan prestasi yang baik diperlukan pula model potensi diri berupa rasa percaya diri. Percayadiri yang merupakan sebagai faktor internal adalah sikap mental optimesme dari kesanggupan anak terhadap kemampuan diri untuk menyelesaikan segala sesuatu dan kemampuan diri untuk melakukan penyesuaian diri pada situasi yang dihadapi. Dengan percaya diri yang dimiliki, setiap siswa akan merasakan yakin mampu dan percaya bahwa dia bisa memiliki kompetensi. Untuk itu penulis tertarik untuk mengetahui hubungan dukungan sosial orang tua dan kepercayaan diri dengan prestasi belajar al-qur’an hadits pada siswa-siswi kelas X dan XI di MA Syekh Subakir Nglegoko Blitar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji teori Sarafino tentang Psikologi kesehatan atau interaksi biopsikososial. Dalam hal ini, apakah dukungan sosial orang tua mempunyai hubungan terhadap prestasi belajar. Selanjutnya, juga untuk menguji teori Lauster tentang tes kepribadian. Dalam hal ini, apakah kepercayaan diri mempunyai hubungan terhadap prestasi belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh Siswa-Siswi Kelas X dan XI di MA Syekh Subakir Tahun Ajaran 20162017 yang berjumlah 146 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik simple random dengan jumlah sampel 105 siswa, instrument yang digunakan adalah angket. teknik analisis menggunakan regresi ganda untuk mengetahui hubungan dukungan sosial orang tua dan kepercayaan diri dengan prestasi belajar al-qura’an hadits di ma syekh subakir nglegok blitar tahun ajaran 2016-2017.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hubungan dukungan sosial orang tua (X1) dan kepercayaan diri (X2) terhadap prestasi belajar (Y) adalah 0.543 jadi dapat dikatakan variabel (X1) dan (X2) terhadap (Y)yaitu sebesar 54,3%. Dimana tingkat signifikansi sebesar .000b artinya lebih rendah dari alpha 0,05 maka tolak Ho dan terima Ha sehingga disimpulkan terima Ha “ada hubungan antara dukungan sosial orang tua dan kepercayaan diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar al-qur’an hadits pada siswa-siswi MA Syekh Subakir Nglegok tahun 2016-2017”.
Tidak tersedia versi lain