Text
Pengaruh kebiasaan belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar siswa kelas 8 SMP Pawyatan Daha 1 Kediri
Keberhasilan pendidikan agama islam di sekolah dapat dilihat dari prestasi belajar. Secara teoritis prestasi belajar dipengaruhi oleh kebiasaan belajar dan konsep diri, kebiasaan belajar adalah segenap perilaku yang ditunjukkan secara ajeg dari waktu ke waktu dalam rangka pelaksanaan belajar, seorang peserta didik juga harus mempunyai konsep diri yang baik karena konsep diri memberikan gambaran atau peniliaian pada diri sendiri sehingga mampu meningkatkan kualitas dalam belajar. Maka diadakan penelitian”Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 8 SMP Pawyatan Daha 1 Kediri”. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengetahui kebiasaan belajar siswa, (2) mengetahui konsep diri siswa, (3) mengetahui prestasi belajar siswa, (4) mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara kebiasan belajar terhadap prestasi belajar, (5) mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara konsep diri dan prestasi belajar, (6) mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar siswa.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan lokasi penelitiannya di SMP Pawyatan Daha 1 Kediri. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Pawyatan Daha 1 Kediri sejumlah 410 siswa. Pengambilan sampel sebanyak 195. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah kebiasaan belajar, konsep diri, dan prestasi belajar. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau instrumen dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan rumus statistik regresi berganda.
Berdasarkan hasil temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama kebiasaan belajar siswa di SMP Pawyatan Daha 1 Kediri tahun pelajaran 2016/2017 dikatagorikan baik, dengan hasil real score sebesar 69.60. Kedua konsep diri siswa di SMP Pawyatan Daha 1 Kediri tahun pelajaran 2016/2017 dikatagorikan baik dengan hasil real score sebesar 72,27. Ketiga prestasi belajar siswa di SMP Pawyatan Daha 1 Kediri tahun pelajaran 2016/2017 dikatagorikan baik dengan nilai rata rata sebesar 78,81. Keempat kebiasaan belajar (X1) memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar Siswa (Y) yaitu sebesar 56,4% . Persamaan yang didapat dar ianalisis tegresi pengaruh kebiasaan belajar terhadap adalah prestasi belajar Siswa (Y) = 63,603 + 0,186 X1. Kelima konsep diri (X2) memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar Siswa (Y) yaitu sebesar 29% . Persamaan yang didapat dari analisis tegresi pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar Siswa adalah (Y) = 67,923 + 0,159 X2. Keenam kebiasaan belajar (X1) dan konsep diri (X2) secara bersama memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar Siswa (Y) yaitu sebesar 59,1% . Persamaan yang didapat dari analisis tegresi pengaruh kebiasaan belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar Siswa adalah (Y) = 62,555+ 0,164 X1+ 0,046 X2
Tidak tersedia versi lain