Text
Motivasi dan metode siswa dalam menghafal juz ‘amma di MTs Sunan Kalijogo kelas VII unggulan Kranding – Mojo - Kediri
Al-Qur’an merupakan kitab suci umat islam dari masa ke masa, Al-Qur’an pertama kali diturunkan sampai sekarang masih terjaga keaslianya, karena yang menjaga kekekalanya Al-Qur’an adalah Allah Swt. bersama semua kaum muslimin dengan cara menghafalnya, menulis, membukukanya bahkan merekamnya. Menghafal Al-Qur’an merupakan sarana untuk menjaga keaslian al Qur’an, akan tetapi problem yang dihadapi oleh orang yang sedang menghafal AlQur’an memang banyak, Mulai dari pengembangan minat, pemberian motivasi sampai pada metode menghafal. Dalam proses menghafal al Qur’an, motivasi dan metode dalam menghafal al-Qur’an merupakan hal yang sangat penting dan dinamis, karna khatam atau tidaknya dalam menghafal al-Quran ditentukan dengan adanya motivasi dan metode. Sedang untuk mengawali dan meringankan orang yang sedang menghafal al-Qur’an dimulai dari menghafal surat pendek yang ada di juz ‘Amma. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui motivasi siswa dalam menghafal Juz ‘Amma diMTs Sunan Kalijogo Kelas VII unggulan, mengetahui gambaran termotivasinya siswa dalam menghafal Juz ‘Amma diMTs Sunan Kalijogo Kelas VII unggulan, dan mengetahui metode menghafal Juz ‘Amma diMTs Sunan Kalijogo Kelas VII Unggulan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu metode observasi partisipan, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dan menggunakan landasan teori fenomenologi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik deskriptif dengan membuat gambaran yang sistematis dan faktual dan analisisnya dilakukan melalui tiga jalur yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dalam hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) motivasi siswa dalam menghafal juz ‘Amma bermacam-macam namun secara umum dikelompokkan menjadi dua yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik, 2) gambaran termotivasinya siswa dalam menghafal juz ‘Amma salah satunya yaitu para siswa telah mengkhatamkan Juz ‘Amma dan beranjak ke surat-surat Penting seperti surat Al-Kahfi, Yasiin, Ar-Rohman, dan Al-Waqi’ah serta Juz 1 sampai juz 3, 3) Kelas VII unggulan dalam penerapan metodenya menggunakan metode Talaqqi, yaitu metode menghafal dengan cara guru membaca ayat yang akan dihafalkan siswa dan siswa menirukan bacaan gurunya dan diulang-ulang sedang metode yang diterapkan siswa dalam membuat setoran hafalan Juz ‘Amma yaitu dengan menggunakan metode Wahdah, Metode Jama’ dan metode Sima’i.
Tidak tersedia versi lain