Text
Upaya Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Total Quality Management di SD Ar-Rahman Kertosono Nganjuk
Penelitian pada skripsi ini dilatarbelakangi adanya suatu kegelisahan bahwa keberadaan lembaga pendidikan sebagai salah satu pranata sosial budaya saat ini dihadapkan pada berbagai tantangan yang kompleks. Lembaga pendidikan kini berhadapan dengan derasnya arus perubahan akibat globalisasi yang memunculkan persaingan dalam pengelolaan lembaga pendidikan negeri maupun swasta. Berkaitan dengan meningkatnya persaingan dalam bidang pendidikan ini, terjadi pula perubahan pada perilaku konsumen, dalam hal ini yang dimaksud adalah masyarakat (orangtua dan siswa), maupun dunia usaha. Olah karenanya lembaga pendidikan harus berbenah diri dengan memperbaiaki kualitas pelayanan baik terhadap pelanggan pendidikan internal maupun eksternal.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya Kepala Sekolah dalam mengimplementasikan Total Quality Management dalam meningkatkan mutu layanan pada guru di SD Ar-Rahman Kertosono Nganjuk? (2)Bagaimana Upaya Kepala Sekolah dalam mengimplementasikan Total Quality Management dalam meningkatkan mutu layanan pada siswa di SD Ar-Rahman Kertosono Nganjuk? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya Kepala Sekolah dalam mengimplementasikan Total Quality Management dalam meningkatkan mutu layanan pada guru an siswa.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif denganjenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik wawancara,observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengancara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan penelitian lapangan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Kepala Sekolah dalam mengimplementasikan Total Quality Management untuk meningkatkan mutu layanan pada guru yakni dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen dan memberikan penghargaan atas prestasi. Adapun upaya Kepala Sekolah dalam mengimplementasikan Total Quality Management untuk meningkatkan mutu layanan pada siswa yakni dengan adanya layanan pembelajaran, layanan ekstrakurikuler, layanan administrasi, layanan sarana prasarana dan layanan bimbingan dan konseling.
Tidak tersedia versi lain