Text
Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Qur’an Sisiwa MTsN 2 Kota Blitar Tahun Ajaran 2016/2017
Melihat realita sekarang ini anak-anak masih banyak yang belum lancar dalam membaca al-Qur’an, ini bisa terjadi karena anak-anak jarang membaca al-Qur’an atau mungkin dirumah mereka tidak mengaji. MTsN 2 Kota Blitar ini sangat memperhatian dalam segi meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswanya. Ada sebuah wadah untuk siswa yang kurang mampu dalam membaca al-Qur’an yaitu Bengkel al-Qur’an, dan hanya ada disekolah ini dan tidak ada di sekolah lain. Bengkel al-Qur’an ini diwajibkan bagi siswa yang kurang lancar dalam membaca al-Qur’an. Tujuannya agar siswa keluar dari MTsN 2 Kota Blitar benar-benar mampu membaca al-Qur’an dengan lancar. Disinilah peran guru sangat diperlukan untuk membimbing mengarahkan mengontrol dan memberi motivasi terhadap siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an, karena guru adalah faktor penting yang berpengaruh terhadap keberhasilan belajar membaca al-Qur’an siswa. Masalah yang ingin akan diungkap dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan membaca al-Qur’an siswa MTsN 2 Kota Blitar? 2) Bagaimana peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa MTsN 2 Kota Blitar?
Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskrptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisi datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah 1) kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an di MTsN 2 Kota Blitar, diantaranya : mampu membaca secara tartil, mampu membaca al-Qur’an dengan menerapkan ilmu Tajwid. 2) peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa MTsN 2 Kota Blitar, diantaranya : peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai motivator, peran guru sebagai demonstrator, peran guru sebagai korektor dan peran guru sebagai evaluator.
Tidak tersedia versi lain