Text
Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2016/2017 (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Kediri)
Persepsi guru pendidikan agama Islam terhadap implementasi kurikulum 2013, menempati peranan penting karena dari persepsi inilah suatu kebijakan yang dinamakan kurikulum diterima dan diberikan sebuah pandangan atau pemahaman oleh para guru. Pemahaman guru pendidikan agama Islam mengenai kurikulum 2013 memegang peranan penting untuk mengimplementasikan kurikulum. Hal ini dikarenakan dengan pemahaman tersebut guru mampu mempersiapkan segala sesuatu dengan matang, sehingga efektivitas belajar mengajar dapat tercipta dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana persepsi guru pendidikan agama Islam terhadap implementasi kurikulum 2013 tahun pelajaran 2016/2017 di MAN 1 Kota Kediri, (2) Bagaimana implementasi kurikulum 2013 tahun pelajaran 2016/2017 di MAN 1 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum dan guru-guru bidang studi lingkup pendidikan agama Islam. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan mengadakan member checking. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Persepsi guru pendidikan agama Islam di MAN 1 Kota Kediri terhadap implementasi kurikulum 2013 tahun pelajaran 2016/2017 bisa dikatakan positif atau baik, hal ini dibuktikan dengan pemahaman para guru mengenai kurikulum 2013 yang sudah baik, yang meliputi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran menuntut siswa lebih aktif sedangkan guru hanya sebagai fasilitator, kurikulum 2013 tidak hanya menekankan pada aspek pengetahuannya saja tetapi aspek yang lain juga, selain itu persepsi guru pendidikan agama Islam di MAN 1 Kota Kediri mendukung dengan diterapkannya kurikulum 2013 di madrasah tersebut, (2) Implementasi kurkulum 2013 tahun pelajaran 2016/2017 di MAN 1 Kota Kediri sudah baik, hal ini bisa dilihat dari sebelum melaksanakan pembelajaran guru telah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran di MAN 1 Kota Kediri telah menggunakan pendekatan saintifik dan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, metode yang sering digunakan guru berupa metode ceramah, penugasan, diskusi, presentasi dan tanya jawab, dan dalam proses evaluasi pembelajaran menggunakan penilaian autentik.
Tidak tersedia versi lain