Text
Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PAI MTs Nurul ‘Ula di Kecamatan Pesantren
MTs Nurul ‘Ula Kediri adalah lembaga pendidikan formal yang di dalamnya terdapat suatu proses aktivitas pendidikan yang melibatkan beberapa orang dengan menggunakan sarana dan fasilitas guna mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Adapun orang-orang yang telibat di dalamnya yaitu kepala madrasah, staf-staf, baik tenaga pendidik maupun tenaga administratif. Kepala madrasah memiliki peran yang sangat besar dalam peningkatan profesionalisme guru. Selain kepala madrasah berperan sebagai pemimpin, kepala madarasah juga berperan sebagai supervisor maupun administrator.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini meliputi pertanyaan : 1) bagaimana peran kepala madrasah (pembahasan dibatasi 4 aspek) dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di MTs Nurul ‘Ula, 2) apa faktor pendukung dan penghambat peran kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di MTs Nurul ‘Ula. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) peran kepala madrasah (pembahasan dibatasi 4 aspek) dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di MTs Nurul ‘Ula, 2) faktor pendukung dan penghambat peran kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di MTs Nurul ‘Ula.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Untuk mengumpulkan semua data yang diperlukan, peneliti menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dari data-data tersebut dianalisis untuk mendapatkan keabsahan data dan melakukan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa peran kepala madrasah sebagai supervisor, inovator, motivator, dan administrator. 1) peran kepala madrasah sebgai administrator adalah kepala madrasah menerapkan sikap disiplin, mengadakan program pembinaan dan mengadakan rapat rutin yang diadakan setiap 3 bulan, 2) peran kepala madrasah sebagai inovator adalah memperbaiki nilai-nilai siswa yang masih kurang dengan cara diadakan materi tambahan, 3) peran kepala madrasah sebagai motivator adalah membantu mengevaluasi hasil belajar siswa dengan mengkontrol di dalam kelas, 4) peran kepala madrasah sebagai administrator adalah kepala madrasah mengelola sistem kesiswaan, pengajaran, dan sarana prasarana. Sedangkan faktor pendukung peran kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI adalah Adanya kemauan dari bapak/ibu guru untuk bekerjasama dalam mengembangkan MTs Nurul ‘Ula dengan baik. Terutama dalam proses kegiatan belajar mengajar, Terciptanya komunikasi yang baik antar kepala madrasah dengan guru, antara guru dengan guru, guru dengan staf lainnya, bahkan guru dengan murid. Dan faktor yang menghambat peran kepala madrasah adalah kurangnya fasilitas belajar, dan ada sebagian sarana madrasah yang masih menumpang di madrasah lain.
Tidak tersedia versi lain