Text
Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kreativitas Guru dengan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di UPTD SMP Negeri 1 Prambon Nganjuk Tahun Pelajaran 2016/2017
Pendidikan sebagai usaha sadar yang diberikan oleh pendidik (guru) di dalam memberikan bimbingan atau bantuan kepada orang lain(anak/siswa) yang sedang berproses menuju kedewasaan. Dalam usaha tersebut seorang pendidik dituntut untuk memiliki kreativitas dalam melakukan kegiatan pendidikan. Guru kreatif diperlukan sebagai upaya menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Di UPTD SMP Negeri 1 Prambon Nganjuk guru PAI kelas VII ini memiliki kreativitas yang cukup baik, namun masih ada siswa yang pasif saat pembelajran berlangsung. Maka dari itu, peneliti ingin mengetahui sejauhmana hubungan antara persepsi siswa tentang kreativitas guru dengan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di UPTD SMP Negeri 1 Prambon Nganjuk tahun Pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengatahui persepsi siswa tentang kreativitas guru pada mata pelajaran PAI siswa kelas VII di UPTD SMP Negeri 1 Prambon Nganjuk tahun pelajaran 2016/2017, untuk mengetahui persepsi siswa tentang keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI siswa kelas VII di UPTD SMP Negeri 1 Prambon Nganjuk tahun pelajaran 2016/2017, serta untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam mengajar dengan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI siswa kelas VII di UPTD SMP Negeri 1 Prambon Nganjuk tahun pelajaran 2016/2017. Kemudian, hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan antara persepsi siswa tentang kreativitas guru dengan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di UPTD SMP Negeri 1 Prambon Nganjuk tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode hubungan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di UPTD SMP Negeri 1 Prambon Nganjuk dengan jumlah siswa 288, peneliti mengambil sampel sebnayak 25 % menjadi 72 siswa yang dijadikan sebagai responden. Sedangkan metode dalam pengumpulan data ini dengan menggunakan metode angket sebagai metode pokok. sedangkan metode wawancara, observasi maupun dokumentasi adalah sebagai data pendukung. Untuk mengetahui hasil hubungan, peneliti menggunakan korelasi product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan persepsi siswa tentang kreativitas guru yang terkuat yaitu dari segi ketrampilan menjelaskan dengan rata-rata 4,54 dan apabila dikonsultasikan dengan skala penafsiran skor rata-rata jawaban responden berada pada rentang 4,20 – 5,00 atau berada pada kategori sangat baik. Selanjutnya, persepsi siswa tentang keaktifan belajar siswa yang kuat yaitu dari segi kerjasama kelompok dengan rata-rata 4,17 dan apabila dikonsultasikan dengan skala penafsiran skor rata-rata jawaban respoden berada pada rentang 3,40 – 4,19 atau berada pada kategori baik. Kemudian untuk hasil hubungannya didapatkan nilai sebesar 0,370 yang berkisar antara 0,200 – 0,399 berarti antara variabel X dan variabel Y memang terdapat korelasi, akan tetapi korelasi tersebut rendah atau lemah, selanjutnya melakukan uji signifikasi untuk mencari hubungan variabel X dengan Y yaitu didapatkan dengan hasil sebesar 3,329 dan dengan taraf signifikan 5% yaitu memiliki nilai 1,994. Sehingga yakni 3,329 1,994. Jadi, berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara persepsi siswa tentang kreativitas guru dengan keaktifan belajar siswa pada mata pelajran PAI siswa kelas VII di UPTD SMP Negeri 1 Prambon Nganjuk tahun pelajaran 2016/2017.
Tidak tersedia versi lain