Text
Strategi Pembelajaran PP. Al Ishlah Bandarkidul Kediri untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning
Menurut Thoriqussu‟ud, metodologi pembelajaran kitab kuning yang ada dipesantren masih lemah, sehingga menyebabkan tujuan pembelajaran tidak tercover secara menyeluruh. Penyebab dari hal tersebut adalah ketidakteraturan strategi pembelajaran yang dilaksanakan. Dengan mengambil kasus di PP. Al Ishlah Bandarkidul Kediri, tulisan ini memperlihatkan kuatnya strategi pembelajaran kitab kuning di PP. Al Ishlah, sehingga tujuan pembelajaran PP. Al Ishlah dapat tercover secara menyeluruh. Fokus penelitian ini membahas tentang: 1. kegiatan pendahuluan, 2. penyampaian informasi, 3. partisipasi peserta didik, 4. Tes, 5. Dan kegiatan lanjutan yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning pada peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, Penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil temuan yang diperoleh pada: 1. kegitan pendahuluan berupa: penyampaian tujuan pembelajaran, cerita, dan apersepsi. 2. Pada penyampaian informasi, metode yang digunakan: ceramah, demonstrasi, drill, tanya jawab dan diskusi. Sedangkan desain materinya disampaikan dengan diawali gambaran keseluruhan melalui peta konsep, dari materi secara umum menuju bagian-bagian terkecilnya, dari hal yang sederhana menuju ke hal yang kompleks. 3. Adapun partisipasi peserta didik melalui demonstrasi, latihan, diskusi, penguatan positif dan negatif. 4. Tes yang dilaksanakan adalah: tes lisan, tulis, harian, semester dan al Munaqosah. 5. Kegiatan lanjutan berupa: pengulangan latihan, tinggal kelas, dan wajib mengikuti pengajian Ramadhan.
Tidak tersedia versi lain