Text
Pengembangan Budaya Religius Siswa melalui Ekstrakurikuler Tahfidz al-Qur'an di Ma&asah Aliyah Unggulan Wahab Hasbullah (MAUUIH) Tambakberas Jombang
Budaya religius merupakan upaya pengembangan pendidikan untuk
mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Secara terperinci tujuan pendidikan nasional
dijelaskan dalam pasal 3 UUSPN No. 20 Tahun 2003, bahwa pendidikan nasional
berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa
yang bermmtabat dalam rangka mencerdaskan kehidupm bangs4 bertujuan tmtuk
berkembangnyap otensi pesertiad idik agar menjadi manusiay ang beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak muli4 sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri,
dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Maka dengan ini
ekstralnnikuler keagam&u1 mengambil peran aktif di dalamnya guna menumbuh
kembangkan minat dan bakat peserta didik salah satunya adalah ekstrakurikuler tahfidz
al-Qur'an karena seorang yang menghafal al-Quran merupakan seorang yang dipilih
oleh Allah SWT. Untuk menerima warisan kitab suci al-Karim serta di muliakan oleh
Atlah swt" Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Budaya Religius di Madrasah
Aliyah Unggulan Wahab Hasbullah (MAUWH) Tambakberas Jombang? 2) Bagaimana
Pengembangan Budaya Religius siswa melalui Ekstrakurikuler Tahfidz al-Qtr'an di
Madrasah Aliyah Unggulan Wahab Hasbullah (MAUWH) Tambakberas Jombang?
f)alam grcnelitisn ini penulis nrenggunakan pendekatan kualitatif untuk
mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi,
Jan dokumentasi. {rntuk pengecekan keabsahan data menggunakan ketelsutan
pengamatan dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian melalui tahap pra lapangan, tahap
pekerjaan lapangan, analisis data.
Dari hasil penelitian menturjukkan hasil bahwa budaya religius di Madrasah
-{liyah Unggulan Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang sebagai berikut:l) a.
Pembiasaank eagamaand ibidang ibadah antaral ain, shalat dzuhadan dzuhur berjam'ah,
b. bidang akidah yaitu berdoa bersama, membaca surat-surat pilihan dan surat-surat
ptendekt,a darusa l-Qur'an" dan istighasah,c . bidang akhlak yaitu budaya santunana nak
1'atim dan Bakti BU. 2) Sedangkan pengembangan budaya religius siswa melalui
etistrakurikuler tahfidz al-Qur'an di Madrasah Aliyah Unggulan Wahab Hasbullah
Tambahberas Jombang yaitu mampu menjadikan diri siswa lebih baik dari pada yang
rebrelumnya. Hal ini sudah menunjukkan kesesuaian dengan tujuan yang diharapkan
oleh madrasah. seperti: slebih sering melakukan atau menjadi lebih antusias melalcukan
\egiatan-kegiatan dalam hal positif , seperti senang tadarus al-Qur'an, senang dan
sering melakukan shalat shalat dzuha berjammh, sering bargun malarn untuk
melakukan shalat tahajud, dan melakukan pwna senun kamis.
Tidak tersedia versi lain