Text
Streategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Tunarungu di SMPLB Dharma Putra Daha Turus Gurah Kediri
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang dipakai dalam pembelajaran pendidikan agama Islam bagi siswa tunarungu SMPLB Dharma Putra Daha Turus Gurah Kediri, serta untuk mengetahui pendekatan-pendekatan yang digunakan pembelajaran PAI dalam mengajar siswa SMPLB tunarungu di SLB Dharma Putra Daha Turus Gurah Kediri.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilaksanakan di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Berdasarkan maksud suatu penelitian yang dilaksanakan, penelitian ini termasuk dalam penelitian studi kasus. Karena bertujuan untuk mengkaji mendalam tentang peristiwa, lingkungan, dan situasi tertentu yang memungkinkan mengungkap atau memahami suatu hal. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, interview, dan wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode kualitatif dengan lima tahapan penelitian yaitu tahap perencanaan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data, tahap penyelesaian.
Hasil penelitian adalah strategi pembelajaran yang dipakai dalam pembelajaran PAI bagi siswa tunarungu di SMPLB Dharma Putra Daha Turus Gurah Kediri adalah pendekatan yang dipakai adalah individual dan kelompok. Guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab, bahasa bibir, isyarat dan bahasa mulut. Faktor pendukung proses pembelajaran yaitu dukungan orang tua,adanya kecocokan antara siswa dan guru dan letak sekolah dan keadaan kelas. Sedangkan hambatan yang di hadapi dalam pembelajaran PAI yaitu fasilitas dan media pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain