1.977961. Maka Ho ditolak dan Ha diterima." />
Text
Studi Komparasi Prestasi Belajar Antara Siswa yang Mengikuti Bimbingan Belajar Di Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) dengan Siswa yang Tidak Mengikuti Bimbingan Belajar Kelas IX Di SMPN 1 Nganjuk.
Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar sedangkan faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri seseorang. Selama proses belajar mengajar tentu saja siswa akan mengalami masalah-masalah atau kesulitan yang menyangkut belajarnya. Kesulitan yang dihadapi siswa dalam belajar tentu akan menghambat serta mempengaruhi prestasi siswa. Dalam hal ini, siswa memanfaatkan waktunya untuk mengikuti bimbingan belajar di LBB. Tujuannya siswa diharapkan dapat mencari cara belajar yang efektif dan efisien sesuai dengan kemampuan dirinya. Selain itu, siswa juga diharapkan untuk lebih mandiri ketika mempersiapkan diri dalam menghadapi ulangan atau ujian. Serta siswa harus bisa menghadapi kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran tertentu sehingga siswa dapat mengembangkan bakatnya. Selain mengikuti bimbingan belajar di LBB, siswa juga dapat belajar sendiri di rumah. Siswa yang belajar sendiri di rumah belum tentu kalah dengan siswa yang mengikuti bimbingan belajar di LBB. Maka dari itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang adakah perbandingan prestasi belajar antara siswa yang mengikuti bimbingan belajar di LBB dengan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis komparasi dengan jumlah sampel sebesar 125 siswa yang mengikuti bimbingan belajar, serta 53 siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar. pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random atau pengambilan dengan cara acak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancar. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-Test Independent yang digunakan untuk mengetahui Perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengikuti bimbingan belajar di LBB dengan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Prestasi belajar siswa yang mengikuti bimbingan belajar di SMPN 1 Nganjuk dikategorikan "Sedang" dengan rata-rata sebesar 83,82. 2) Prestasi belajar siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar di SMPN 1 Nganjuk dikategorikan "Rendah" dengan rata-rata sebesar 79,71. 3) Maka menjawab rumusan ketiga adalah terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengikuti bimbingan belajar di LBB dengan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar. Dibuktikan dengan t hitung lebih besar dari t tabel (7.005 > 1.977961. Maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Tidak tersedia versi lain