Text
Upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui program madrasah diniyah di mi mujahidin jatimulyo kepung kediri
Guru merupakan seseorang yang mempunyai peran sangat penting, salah satunya yaitu dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Dalam melaksanakan tugasnya unuk meningkatkan prestasi belajar siswa, guru dapat melaksanakannya melalui program yang telah didirikan oleh yayasan dan kepala sekolah yaitu program madrasah diniyah. Program madrsah diniyah ini merupakan salah satu upaya dalam menningkatkan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar merupakan hasil yang telah diperoleh saat belajar. Fokus penelitian yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah:1). Upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar di MI Mujahidin Jatimulyo Kepung Kediri, 2). Bagaimana prestasi belajar siswa melalui program madrasah diniyah di MI Mujahidin Jatimulyo Kepung.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus yang mana dapat dilakukan peneliti melalui wawancara dan pengumpulan data guna memperoleh informasi yang sesuai kondisi objek. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru, staf karyawan dan wali murid MI Mujahidin Jatimulyo Kepung Kediri serta data tambahan berupa dokumen dan dokumentasi. Analisinya dilakukan dengan cara reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa:1). Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui program madrasah diniyah di MI Mujahidin Jatimulyo Kepung Kediri, 2). Faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui program madrasah diniyah khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama islam di MI Mujahidin Jatimulyo Kepung Kediri.
Tidak tersedia versi lain