Text
Motivasi Orang Tua Memilih Lembaga Pendidikan (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri)
Saat ini banyak lembaga pendidikan terpadu yang bernuansa agama yang menawarkan berbagai bentuk pendidikan, baik pendidikan nasional maupun pendidikan akhlak, bahkan salah satu kurikulum pendidikan di Indonesia yaitu kurikulum 2013 juga berpedoman pada pendidikan akhlak. Namun demikian tidak sedikit orang tua yang kembali melirik pesantren sebagai tempat untuk memperoleh pendidikan anak. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui motivasi orang tua memilih lembaga pendidikan dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan di Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi lapangan, wawancara dengan 15 wali santri di Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri, wawancara dengan kepala pondok dan ustadz, serta mengumpulkan dokumentasi yang diperlukan dalam penelitian ini.
Hasil penelitian lapangan mengungkapkan bahwa motivasi orang tua memilih lembaga pendidikan ada dua macam, yaitu: motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik yang maksud adalah tujuan dan harapan orang tua kepada anaknya yang dicapai melalui lembaga pendidikan. Sedangkan motivasi ekstrinsik dari penelitian ini adalah adanya dorongan tertentu dari luar dan lingkungan sekitar. Kegiatan pembelajaran di Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri bukan hanya kegiatan pembelajaran salafiyah, tetapi juga kegiatan pembelajaran umum yang dilakukan untuk mengembangkan ketrampilan santri sehingga dapat digunakan di masa mendatang.
Tidak tersedia versi lain