Text
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kompetensi Keagamaan Siswa di SMP Negeri 7 Kediri
Kompetensi keagamaan siswa tidak terlepas dari peran seorang guru, terutama adalah guru pendidikan agama. Dalam meningkatkan kompetensi keaagamaan siswa, tentunya diperlukan strategi yang tepat dan sesuai dengan kondisi siswa yang dibimbingnya. Pembinaan yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kompetensi ini sangatlah penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kompetensi keagamaan siswa muslim di SMP Negeri 7 Kediri, (2) mendeskripsikan faktor penghambat yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kompetensi keagamaan siswa muslim di SMP Negeri 7 Kediri, (3) mendeskripsikan faktor pendukung yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi faktor penghambat yang dihadapinya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Berdasarkan tujuan penelitian di atas, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kompetensi keagamaan siswa di SMP Negeri 7 Kediri antara lain adalah: melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan pembiasaan-pembiasaan. (2) faktor penghambat yang dihadapi oleh guru berupa Terbatasnya waktu pembelajaran, Kurangnya minat siswa, Faktor lingkungan sosial, (3) faktor pendukungnya adalah Adanya program keagamaan, Peran guru sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam disekolah, Sarana prasarana yang memadai, Lingkungan sekolah yang nyaman dan kondusif.
Tidak tersedia versi lain