Text
Efektifitas metode uṡmani dalam meningkatkan kualitas hafalan al-qur’an santri di pondok pesantren nurul iman tawangsari, garum blitar
Al-Qur’an merupakan mu’jizat Nabi Muhammad SAW yang paling agung. Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara
malaikat Jibril. Sebaik-baik manusia adalah yang mau mengajarkan serta mengamalkan al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu cara untuk
mengamalkan al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan menghafalkan ayat-ayat yang ada dalam al-Qur’an. Bagi sebagian umat muslim
mampu menghafal al-Qur’an dengan baik merupakan sebuah dambaan.
Menghafal al-Qur’an bukanlah suatu perkara yang mudah, apalagi dalam meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an yang dimiliki.
Di pondok pesantren Nurul Iman para santri dalam belajar al-Qur’an menggunakan metode Uṡmani. Metode Uṡmani adalah metode belajar al-Qur’an
yang menargetkan para peserta didik mampu membaca al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid yang diajarkan oleh Rasulullah. Adapun permasalahan penelitian ini
adalah bagiamana efektifitas metode Uṡmani untuk meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an santri dalam bidang tahfidz, bagiamana efektifitas metode Uṡmani
untuk meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an santri dalam bidang tajwid, dan bagiamana efektifitas metode Uṡmani untuk meningkatkan kualitas hafalan al-
Qur’an santri dalam bidang adab di pondok pesantren Nurul Iman Garum Blitar.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di pondok pesantren Nurul Iman Tawangsari Garum Blitar. Pengumpulan data
dilakukan dengan cara wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga cara: Satu, melakukan reduksi data (mengolah data). Dua,
menyajikan data sesuai dengan pokok bahasan. Tiga, menyimpulkan data atau memverifikasi data. Dan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan
perpanjangan penelitian, pengecekan keabsahan data dan melakukan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Metode Uṡmani efektif untuk meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an santri dalam bidang tahfidz pada aspek
Mura’atul ayat dan Sabqul Lisan. (2) Metode Uṡmani efektif untuk meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an santri dalam bidang tajwid pada aspek makharijul
huruf, ṣifatul huruf, ahkamul huruf dan ahkam al-Waqf wa Ibtida’.(3) Metode Uṡmani efektif untuk meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an santri dalam
bidang adab, pada aspek kejelasan suara, Tartil dan gerak-gerik menunjukkan rasa ta’dzim.
Tidak tersedia versi lain