Text
Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab alala
Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan bukan hanya sebagai
upaya proses pembelajaran untuk membentuk manusia potensial secara intelektual
semata melalui transfer of knowledge. Tetapi proses tersebut juga harus dijadikan
sebagai upaya pembentukan masyarakat yang berwatak, beretika, dan berestetika
melalui transfer of value yang terkandung di dalamnya. Penanaman nilai
pendidikan karakter berperan penting dalam pembentukan kepribadian atau
karakter seseorang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) pesan-pesan
yang terkandung dalam kitab Alala sebagai pembentuk karakter pesertadidik. (2)
Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam kitab Alala.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan
mengambil objek yaitu kitab Alala berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan
karakter. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi dokumenter
(documentary study), sedangkan analisis data dalam penelitian ini adalah analisis
isi (content analysis), dengan mengambil objek kitab Alala. Sumber data primer
dalam penelitian ini adalah kitab Alala, sedangkan sumber data skunder berupa
terjemah kitab Alala serta sumber lain yang menunjang sumber data primer.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pesan-pesan kepada seorang
pencari ilmu pada nadhom alala meliputi: a) Seseorang yang mencari ilmu harus
memiliki 6 syarat, yaitu cerdas, semangat, sabar, biaya, petunjuk ustadz dan waktu
yang lama. b) Dalam bergaul, peserta didik harus mampu memilih teman yang
baik, dengan cara melihat siapa temannya. c) Seorang pencari ilmu harus
memiliki rasa hormat dan bakti terhadap guru. d) Ilmu fiqih merupakan ilmu yang
lebih utama untuk dipelajari setelah ilmu tauhid, karena ilmu fiqih menentukan
sah atau tidaknya ibadah seseorang. e) Peserta didik harus memiliki sikap kerja
keras dalam belajar. f) Seseorang harus bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik
mungkin untuk belajar dan beribadah, agar waktunya tidak terbuang sia-sia. g)
Dalam mencari ilmu, seseorang tidak cukup berdiam diri di rumah, namun harus
merantau atau pergi kesuatu tempat untuk menemui ahli ilmu. h) Seseorang harus
menjaga lisan, melatih nafsu, husnudhon, dan pemaaf. (2) Nilai-nilai pendidikan
karakter dalam kitab Alala meliputi: a) Nilai pendidikan karakter religius, b) Nilai
pendidikan karakter jujur, c) Nilai pendidikan karakter kerja keras, d) Nilai
pendidikan karakter mandiri, e) Nilai pendidikan karakter rasa ingin tahu, f) Nilai
pendidikan karakter gemar membaca, g) Nilai pendidikan karakter menghargai
prestasi, h) Nilai pendidikan karakter cinta damai, i) Nilai pendidikan karakter
bersabat/komunikatif, j) Nilai pendidikan karakter tanggung jawab.
Tidak tersedia versi lain