Text
Pengaruh kepuasan siswa pada fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa di man 1 kediri tahun pelajaran 2016/2017
Motivasi belajar adalah dorongan yang ada pada diri seseorang untuk melakukan kegiatan belajar dengan tujuan agar mendapatkan hasil yang optimal. Kepuasan pada fasilitas belajar adalah perasaan pelanggan dalam hal ini adalah siswa tingkat perasaan siswa dalam membandingkan antara fasilitas belajar yang ia terima dengan fasilitasbelajar yang menjadi harapan yang diinginkannya. Dalam penelitian ini akan menguji tentang pengaruh kepuasan siswa pada fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa di MAN 1 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, sehingga permasalahan dalam penelitian ini adalah :1) adakah pengaruh kepuasan siswa pada fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa di MAN 1 Kediri ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa MAN 1 Kediri yang berjumlah 624 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 225 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi.
Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah: 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kepuasan siswa pada fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa sebesar 36%. Persamaan yang didapat melalui analisis regresi pengaruh kepuasan siswa pada fasilitas belajar terhadap motivasi belajar adalah Y= 82, 363 + 0,432X sehingga, Ha diterima dan Ho ditolak.
Tidak tersedia versi lain