Text
Pelaksanaan pembinaan akhlak siswa oleh guru pendidikan agama islam di smp plus ar-rahman tahun pelajaran 2016/2017
Akhlak merupakan cerminan kepribadian seseorang. Di zaman yang semakin canggih ini menimbulkan dampak pada kehidupan manusia, salah satunya mengakibatkan merosotnya akhlak dari diri seseorang terutama remaja. Oleh sebab itu dibutuhkan pembinaan akhlak untuk membentengi dari merosotnya akhlak yang lebih parah. Pembinaan akhlak yang dilaksanakan di lingkungan sekolah adalah suatu upaya yang paling mendominasi dalam memperbaiki atau membentuk akhlak anak didik. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengajukan fokus penelitian pada: 1) Bagaimana pelaksanaan pembinaan akhlak siswa oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Ar-Rahman Tahun pelajaran 2016/2017?. 2) Apa faktor yang menghambat dan mendukung pelaksanaan pembinaan akhlak siswa oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Ar-Rahman Tahun pelajaran 2016/2017?.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam rangka memperoleh data yang dibutuhkan digunakan tehnik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pelaksaanaan pembinaan akhlak siswa yang dilaksanakan di SMP Plus Ar-Rahman diantaranya melalui pembiasaan baik berupa sholat berjamaah maupun membaca al-Qur’an, mengawali setiap pembelajaran dengan do’a dan membaca surah pendek, bersalaman dengan bapak ibu guru, keteladanan yang diberikan guru baik dalam berpakaian, berperilaku maupun bertuturkata, pembelajaran PAI dengan memadukan antara materi kegamaan dari kurikulum Kementrian Pendidikan Nasional dengan kurikulum Kementrian Agama yang lebih rinci dan melalui kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilaksanakan sekolah seperti sholat berjamaah, membaca al-Qur’an, manasik haji, pembelajaran infaq, penyembelihan hewan kurban, pondok romadlon dan wisata religi. 2. Faktor yang mendukung pelaksanaan pembinaan akhlak diperoleh dari program-program yang dimiliki sekolah termasuk program keagamaan sebagai penunjang pembinaan akhlak. pelaksanaan pembinaan, dan dukungan yang diberikan oleh seluruh guru. Selanjutnya faktor yang menghambat pelaksanaan pembinaan akhlak ini dari siswa sendiri kurangnya kesadaran anak didik untuk berubah, dan faktor lingkungan keluarga terutama orang tua yang kurang mendukung pengamalan kegiatan sekolah ketika anak didik di rumah.
Tidak tersedia versi lain