Text
Pengaruh minat belajar dan motivasi belajar siswa terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI IPA pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Purwoasri Kediri tahun ajaran 2016/2017
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) minat belajar siswa
kelas XI IPA pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 1
Purwoasri, 2) motivasi belajar siswa kelas XI IPA pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam (PAI) di SMAN 1 Purwoasri, 3) keaktifan belajar siswa kelas XI
IPA di SMAN 1 Purwoasri, 4) pengaruh minat belajar siswa terhadap keaktifan
belajar siswa kelas XI IPA pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di
SMAN 1 Purwoasri, 5) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap keaktifan belajar
siswa kelas XI IPA pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN
1 Purwoasri, 6) pengaruh minat belajar dan motivasi belajar siswa terhadap
keaktifan belajar siswa kelas XI IPA pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam (PAI) di SMAN 1 Purwoasri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi
seluruh siswa kelas XI reguler di SMA Negeri 1 Purwoasri Kediri yang berjumlah
89 siswa dengan mengambil sampel 70 siswa, instrumen penelitian yang
digunakan adalah angket dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis regresi berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) minat belajar siswa yang
tinggi dengan mean sebesar 83,02 dan pada tabel interpretasi konversi nilai minat
belajar siswa berada pada kategori tinggi. 2) motivasi belajar siswa yang tinggi
dengan mean sebesar 77,32 dan pada tabel interpretasi konversi nilai motivasi
belajar siswa berada pada kategori tinggi. 3) keaktifan belajar siswa yang tinggi
dengan mean 75,02 dan pada tabel interpretasi konversi nilai keaktifan belajar
siswa berada pada kategori tinggi. Sedangkan hasil yang didapat dari penelitian
ini yaitu 4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dan
keaktifan belajar siswa sebesar 0,893, yaitu sebesar 79,7%. Persamaan yang
didapat dari analisis regresi pengaruh minat belajar terhadap keaktifan belajar
siswa Y= 5,038 + 0,843 Minat Belajar (X1). 5) Terdapat pengaruh yang positif
dan signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap keaktifan belajar siswa
sebesar 0,586, yaitu sebesar 34,3% adalah. Persamaan yang didapat dari analisis
regresi pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan belajar siswa adalah Y=
29,915 + 0,583 Motivasi Belajar (X2). 6) Dan secara bersama-sama tidak
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dan motivasi
belajar siswa terhadap keaktifan belajar siswa 0,896, yaitu sebesar 80,4%.
Persamaan regresi ganda yang dihasilkan adalah Y = 2,034 + 0,790.X1 + 0,096.X2
Tidak tersedia versi lain