Text
Upaya guru pendidikan agama islam dalam menanamkan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Kediri tahun pelajaran 2016/2017
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena kemerosotan moral yang dialami oleh banyak pelajar seperti balap liar, tawuran, dan lain-lain. yang jauh dari nilai etika dan nilai-nilai ajaran agama Islam. Dalam hal ini peneliti menghubungkan upaya yang diterapkan guru untuk menanaman karakter religius kepada siswa di SMP Negeri 1 Kediri.
Berdasarkan latar belakang, maka dalam hal ini fokus penelitiannya adalah (1) Upaya apa yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Kediri? (2) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya menanamkan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Kediri? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Kediri. (2) Untuk menganalisis faktor apa saja yang mendukung dan menghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya menanamkan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Kediri.
Penelitian ini bermanfaat bagi kepala sekolah untuk menjadi bahan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas lembaga pendidikan yang memiliki siswa berkarakter religius, bagi guru untuk mengetahui sejauh mana hasil pendidikan yang dicapai oleh siswa dalam mengikuti pendidikan karakter religius, bagi peneliti untuk menambah wawasan, pola pikir, sikap serta pengalaman sebagai upaya penanaman Pendidikan Agama Islam melalui karakter religius, bagi peneliti selanjutnya sebagai bahan pertimbangan atau referensi dan kajian pada penelitian selanjutnya. Bagi perpustakaan sebagai bahan koleksi dan referensi supaya dapat digunakan sebagai sumber belajar atau bacaan bagi mahasiswa lainnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan dengan teknik pengumpulan data. Metode penelitian yang digunakan yakni interview mendalam kepada kepala sekolah, waka kurikulum, beberapa guru Pendidikan Agama islam, karyawan dan beberapa siswa SMP Negeri 1 Kediri, observasi mengenai kegiatan-kegiatan aplikasi pendidikan karakter religius di SMP Negeri 1 Kediri dan dokumentasi mengenai dokumen-dokumen yang berkaitan dengan upaya penanaman karakter religius oleh guru.
Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religius di SMP Negeri 1 Kediri sudah baik. 1.Upaya tersebut terdiri dari tradisi senyum, sapa ketika bertemu, salam ketika masuk kelas, menggunakan baju tertutupbagi yang putri saat mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, membaca surat pendek dan tahlil sebelum memulai pelajaran, sholat dhuhur berjamaah, ekstra keagamaan sholawat, ekstra keagamaan BTQ (Baca Tulis Qur’an), peringatan hari besar keagamaan, nasihat dan motivasi sebelum dan sesudah pelajaran, pendekatan secara individu kepada siswa, hukuman yang mendidik seperti membaca istighfar 100 kali bagi mereka yang melanggar dan hadiah bagi mereka yang berprestasi. 2. Faktor pendukung dalam penanaman karakter religius antara lain, kebijakan kepala sekolah mendukung penuh siswa yang ikut lomba di lembaga lain, wali murid yang memantau saat di rumah, guru lain dan karyawan ikut memakai baju tertutup, serta Dinas Pendidikan yang memberi kebijakan penerapan BTQ di setiap lembaga. Sedangkan faktor penghambatnya terdiri dari gadget serta lingkungan luar sekolah.
Tidak tersedia versi lain