Text
Upaya kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi profesionalguru madrasah aliyah negeri (MAN) Krecek Pare kab. Kediri tahun pelajaran 2016-2017
Kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran sekolah melalui program-program yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap. Kegiatan supervisi (pengawasan) di mana pun jenjang pendidikannya, termasuk di Madrasah harus dilakukan oleh seorang atau beberapa orang supervisor (pengawas) yang memiliki kompetensi di bidangnya agar memperoleh kepastian bahwa pekerjaan yang dilaksanakan oleh para pelaksana pendidikan tersebut (guru) selaras dengan tujuan yang telah dirumuskan sebelumnya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana kompetensi profesional guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Krecek Pare kab. Kediri? (2) Bagaimana upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Krecek Pare kab. Kediri?
Dalam pelaksanaan penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk memperoleh data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sesuai dengan penelitian ini kehadiran penelitian di lapangan sangat penting karena peneliti merupakan instrumen kunci untuk mengkal makna, sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru dan siswa. Analisisnya dilakukan dengan cara penarikan kesimpulan, tahap akhir dan analisis data ini adalah mengadakan pengecekan keabsahan data yang menggunakan beberapa teknik yaitu: perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan teknik triangulasi.
Hasil penelitian adalah: (1) Profesional guru selalu mempersiapkan dan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebelum mulai mengajar di kelas, demi kelancaran proses belajar mengajar. Menyiapkan beberapa metode yang sesuai dengan materi yang diajarkan dan memanfaatkan media-media yang ada. (2) Upaya yang dilakukan oleh kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi profesional guru antara lain: (a) Pembinaan keilmuan guru, yaitu dengan cara mengikutsertakan guru-guru dalam kegiatan MGMP, memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengikuti seminar, workshop, diklat dan pelatihan-pelatihan. (b) Pembinaan strategi pengajaran, yaitu cara membantu guru dalam pembuatan perangkat pembelajaran, membantu guru dalam pemilihan dan penerapan metode pembelajaran yang sesuai dengan bahan ajar, dan mengenai cara memanfaatkan sumber dan media pembelajaran, baik yang ada dalam kelas maupun yang ada di luar kelas.
Tidak tersedia versi lain