Text
Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 4 Kediri
Pendidikan Agama Islam adalah langkah awal untuk membentuk masyarakat yang bermoral, akan tetapi Pendidikan Agama Islam saat ini masih sangat kurang diperhatikan. Maka peran Kepala Sekolah sangat penting karena dapat mempengaruhi berhasil atau tidaknya kualitas pendidikan yang ada dalam sekolah itu sendiri. Berdasarkan fenomena tersebut, fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Kediri? 2. Bagaimana kinerja guru PAI untuk mendukung upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Kediri ? 3. Apa faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Kediri ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya melalui triangulasi, perpanjangan pengamatan, serta ketekunan pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah : Mengimplementasikan kepada tenaga pendidikan dengan mengikutsertakan guru dalam pelatihan-pelatihan, seminar, dan diklat, memberi motivasi pada guru, mengedepankan kedisiplinan baik untuk guru maupun siswa, serta melengkapi sarana prasarana sekolah. 2. Kinerja Guru PAI Untuk Mendukung upaya kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah Respon dan kinerja sangat baik dibuktikan dengan persiapan guru ketika akan mengajar dengan membuat RPP dan prota promes serta metode yang akan digunakan. 3. Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam: a. Faktor pendukung yaitu kepemimpinan Kepala Sekolah yang demokratis dan selalu mendukung dan faktor guru yang semua sudah S1. b. Faktor penghambat yaitu a) Dari guru, karena sekolah umum jadi tidak semua guru muslim 2) Peserta didik yang tidak bisa istiqomah dalam menjalankan peraturan 3) Sarana prasarana yang masih kurang contohnya masjid yang tidak dapat menampung seluruh warga SMA Negeri 4 Kediri.
Tidak tersedia versi lain