Text
Strategi bauran pemasaran terhadap minat wisatawan ditinjau dari syari'ah marketing di agrowisata kampoeng anggrek desa sempu kecamatan ngancar kabupaten kediri
Dewasa ini pimpinan dan tenaga pemasaran sangat menekankan pentingnya
peranan strategi pemasaran dalam suatu perusahaan. Strategi pemasaran mempunyai
peranan yang sangat penting untuk keberhasilan usaha. Pemasaran adalah kegiatan
manusia yang diarahkan untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan
melalui proses pertukaran dan syariah marketing mengajarkan pemasar untuk jujur
kepada konsumen atau orang lain dan mencegah pemasar terperosok pada kelirumologi
karena ada nilai-nilai yang harus di junjung oleh seorang pemasar. Penerapan syariah
marketing juga harus ada pada sebuah agrowisata. Jumlah wisatawan di Agrowisata
kampoeng anggrek yang baru diresmikan dan mengalami peningkatan dengan pesat serta
satu-satunya agrowisata anggrek yang melakukan kloning tanaman sendiri. Penelitian ini
bermaksud untuk menganalisa bauran pemasaran yang diterapkan ditinjau dari syariah
marketing dengan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana strategi bauran
pemasaran terhadap minat wisatawan di agrowisata Kampoeng Anggrek Desa Sempu
Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Bagaimana strategi bauran pemasaran terhadap
minat wisatawan ditinjau dari syariah marketing di agrowisata Kampoeng Anggrek Desa
Sempu Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif diskriptif. Sumber data
penelitian kualitatif adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data
menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
dengan tiga cara yaitu: reduksi data, display data (penyajian data), penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa bauran pemasaran yang diterapkan di
agrowisata kampoeng anggrek sudah dijalankan sesuai dengan syariah marketing
meskipun belum sepenuhnya. Yang belum sesuai dengan syariah marketing seperti
menjual produk dengan harga tetap tinggi meskipun kualitas menurun , ketidaksesuaian
antara katalog website dengan persediaan. Jam berkunjung yang melebihi jam
operasional. Sedangkan yang sudah sesuai dengan syariah marketing yaitu untuk
meningkatkan jumlah wisatawan, perusahaan juga berusaha untuk tetap mengembangan
perusahaan sesuai dengan target atau tujuan dari perusahaan. Agrowisata kampoeng
anggrek terus melakukan pengembangan usaha dengan mengedepankan kenyamanan
saat berwisata di kampoeng anggrek. Memberikan pelayanan yang ramah, sopan dengan
penampilan yang bersih, rapi serta melakukan penetapan harga pada sebuah produk
berdasarkan kualifikasinya.
Tidak tersedia versi lain