Text
Implementasi pelayanan kepesertaan BPJS kesehatan kantor cabang utama kediri ditinjau dari etika pelayanan islam
Manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya perlu kesehatan, maka dibutuhkan
sebuah lembaga jaminan kesehatan agar dapat meminimalisir resiko-resiko yang akan terjadi
di masa datang. Untuk itu, sebuah lembaga jaminan kesehatan perlu pelayanan yang prima
dan efektif bagi para pesertanya. Karena lembaga tersebut terfokus pada pelayanan
kepesertaan atau lembaga nirlaba yang bukan profit oriented. Namun, dalam melakukan
pelayanan kepesertaan selayaknya dengan jalan yang sesuai dengan etika Pelayanan Islam.
Pada penelitian ini bermaksud untuk mengetahui implementasi pelayanan kepesertaan BPJS
Kesehatan KCU Kediri ditinjau dari etika pelayanan islam.
Berdasarkan latar belakang tersebut dapat ditarik keseimpulan, yang kemudia dibuat
suatu rumusan masalah berkaitan hal tersebut. Bagaimana pelayanan kepesertaan pada BPJS
Kesehatan KCU Kediri dan bagaimana pelayanan kepesertaan nya jika ditinjau dari etika
pelayanan islam.
Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Sedangkan
sumber data dalam penelitian ini diantaranya Kepala Unit MK & UPMP4, sebagian duta
BPJS Kesehatan KCU Kediri dan peserta BPJS Kesehatan. Proses pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Tahap analisis yang peneliti lakukan
yaitu reduksi data, penyajian data, dan kemudian menarik kesimpulan.
Dari hasil penelitian menyebutkan, bahwa BPJS Kesehatan KCU Kediri memang
sudah melakukan pelayanan prima pada peserta. Namun, masih ada beberapa hal dalam
pelayanan duta BPJS Kesehatan yang belum sesuai dengan harapan para peserta, seperti
efisiensi waktu dengan cepat dan ketepatan pelayanan kepada peserta. Meskipun BPJS
Kesehatan merupakan lembaga BUMN yang notabene tidak berbasis syariah, akan tetapi,
terdapat beberapa etika pelayanan kepesertaan yang dilakukan sesuai dengan etika pelayanan
dalam Islam seperti fathanah, tabligh,dan amanah.
Tidak tersedia versi lain