Text
Intelegensi siswa PDCI ditinjau dari kreativitas verral dan figural
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perbedaan argumentasi guru MAN 3 Kota Kediri tentang kreativitas siswa PDCI dan perbedaan penelitian terdahulu tentang hubungan inteligensi dan kreativitas. Kreativitas merupakan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru atau mengkombinasikan sesuatu yang sudah ada. Secara spesifik kreativitas dibagi menjadi dua yaitu kreativitas verbal dan kreativitas figural. Sehingga dalam penelitian ini berusaha mengungkapkan hubungan inteligensi siswa PDCI dengan kreativitas secara spesifik yaitu kreativitas verbal dan figural. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui hubungan antara Kreativitas verbal dengan inteligensi siswa PDCI, (2) mengetahui hubungan antara Kreativitas Figural dengan inteligensi siswa PDCI, (3) mengetahui hubungan Kreativitas Verbal dan Figural (secara simultan) dengan Inteligensi siswa PDCI. (4) mengetahui tingkat Inteligensi siswa PDCI, (5) mengetahui tingkat kreativitas Verbal siswa PDCI, (6) mengetahui tingkat kreativitas Figural siswa PDCI.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif asosiatif atau hubungan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa PDCI di MAN 3 Kota Kediri yang berjumlah 45 siswa. Data dalam penelitian dikumpulkan menggunakan alat tes psikologi berupa Standard Progressive Matrices (SPM) untuk mengetahui inteligensi siswa, Tes Kreativitas Verbal (TKV) untuk mengetahui tingkat kreativitas verbal siswa dan Tes Kreativitas Figural (TKF) untuk mengetahui tingkat kreativitas figural siswa. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi Kendall’s tau dan regresi berganda dengan menggunakan taraf kesalahan 5%.
Hasil penelitian ini adalah (1) ada hubungan negatif dan tidak signifikan antara kreativitas verbal dengan inteligensi siswa PDCI, hal ini terlihat pada nilai signifikasi 0,340, dimana p > 0,05 dan nilai korelasi sebesar r = - 0,105, (2) ada hubungan negatif dan tidak signifikan antara kreativitas figural dengan inteligensi siswa PDCI, hal ini terlihat pada nilai signifikasi 0,283, dimana p > 0,05 dan nilai korelasi sebesar r= -0,117, (3) ada hubungan yang tidak signifikan antara kreativitas verbal dan kreativitas figural (secara simultan) dengan inteligensi siswa PDCI, hal ini terlihat pada nilai signifikasi 0,113, dimana p > 0,05 dan nilai korelasi sebesar R= 0,314, (4) tingkat inteligensi siswa PDCI berada pada kategori siswa yang cerdas dengan 38 siswa (88,44%), (5) tingkat kreativitas verbal siswa PDCI berada pada kategori sedang dengan 21 siswa (47%), (6) tingkat kreativitas figural siswa PDCI berada pada kategori sedang dengan 17 siswa (38%).
Tidak tersedia versi lain