Text
Pembentukan Perilaku Istiqamah pada Anak-anak (Studi Kasus di Raudah Tarbiyatil Qur'an (RTQ) Yambu'ul Qur'an Dsn Jarak Desa Plosoklaten)
Penelitian mengenai pembentukan perilaku
istiqa>mah pada anak-anak yang dilakukan di Raudhah Tarbiyatil Qur’an Yambu’ul Qur’an (RTQ) Jarak, Plosoklaten, Kediri, didasari atas ketertarikan peneliti untuk mengungkap bahwa bukan hanya orang yang dewasa saja yang bisa melaksanakan ke istiqa>mah an dalam perilakunya, namun anak-anak bisa melaksanakan ke istiqa>mah an dalam perilakunya. Penelitian ini dimaksudkan untuk 1). Menjelaskan upaya pembentukan perilaku istiqa>mah anakanak. 2). Menjelaskan perilaku anak-anak dengan adanya metode yanbu’a. 3). Menjelaskan faktor yang mempengaruhi perilaku istiqa>mah anak-anak.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilaksanakan di RTQ Yambu’ul Qur’an dengan kehadiran peneliti sebagai pengamat. Informan dari penelitian ini sebanyak 3 anak yang direkomendasikan dari pihak RTQ Yambu’ul Qur’an, peneliti menggunakan teori perilaku Bandura dan teori perilaku istiqa>mah Said bin Ali bin Wahif al-Qahtani bersama dengan teori kebiasaan Thomas Lickona. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi, kemudian dianalisis dan dicek keabsahan datanya. Tahap pralapangan, pekerjaan lapangan, analisis data serta penulisan laporan merupakan tahap-tahap penelitian yang digunakan peneliti.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa 1). Upaya pembentukan perilaku istiqa>mah anak-anak di RTQ Yambu’ul Qur’an dengan adanya kegiatan rutin, kegiatan spontan, pemberian teladan, dan kegiatan terprogram yang sudah terdapat di RTQ Yambu’ul Qur’an. 2). Perilaku anak-anak dengan adanya metode yanbu’a yaitu dan kenyataan yang ada di lapangan. 3). Faktor yang mempengaruhi perilaku istiqa>mah anak-anak ada dua faktor yaitu faktor intern dan faktor ekstern.
Tidak tersedia versi lain