Text
Peranan Manajemen Pelayanan dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Pembiayaan pada BMT Lantasir Kediri
Kediri merupakan kota dengan mayoritas penduduknya beragama Islam, sehingga untuk menunjang kegiatan ibadahnya diperlukan pula lembaga-lembaga yang menerapkan syariat Islam. BMT Lantasir Kediri hadir ditengah-tengah persaiangan ketat di kota Kediri. BMT Lantasir mempunyai beberapa produk unggulan diantaranya pembiayaan murabahah, pembiayaan ijarah dan pembiayaan al-qard. Dalam pemasaran produk BMT Lantasir ini tidaklah mudah, maka diperlukan manajemen khusus untuk meningkatkan jumlah nasabah yaitu manajemen pelayanan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran manajemen pelayanan BMT Lantasir dalam meningkatkan jumlah nasabah dengan fokus penelitian: 1. Manajemen pelayanan nasabah pembiayaan BMT Lantasir Kediri, 2. Peran manajemen pelayanan BMT Lantasir Kediri dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu studi kasus. Dalam memperoleh data penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpul data ini, lebih bersifat deskriptif yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang manajemen pelayanan yang dipakai oleh BMT Lantasir Kediri. Sedangkan analisis data dengan memakai reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik: 1. Ketekunan pengamatan, 2. Pengecekan anggota, 3. Triangulasi.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1. BMT Lantasir Kediri menerapkan manajemen pelayanan terutama pelayanan dasar yang telah dipaparkan manager BMT Lantasir, Bersikap sopan. Ramah. Empati, sikap ini diperlukan agar tercipta hubungan yang baik dengan nasabah. Mengerti apa yang diinginkan nasabah sebagai solusi dari permasalahan nasabah. Berani mengucapkan “Maaf” jika karyawan melakukan kesalahan, dan “Terima Kasih” setelah berkomunikasi dengan nasabah. 2. Manajemen pelayanan BMT Lantasir Kediri memiliki peran penting seperti menerapkan manajemen pelayanan yang terarah yaitu elemen-elemen pelayanan yang harus diperhatikan diantaranya keandalan, yaitu memberikan pelayanan dan produk yang handal. Daya tanggap, memberikan pelayanan yang cepat dan selalu siap membantu nasabah. Jaminan, yaitu dengan memberikan rasa nyaman kepada nasabah. Serta berempati atau berpihak pada nasabah dan menjaga baik hubungan dengan nasabah dan bukti langsung, seperti sistem komputerisasi, kebersihan, kesegaran udara menggunakan penyejuk udara / AC yang semuanya bertujuan untuk memanjakan nasabah, kemudian nasabah akan tertarik untuk bergabung dengan BMT Lantasir Kediri. Sehingga jumlah nasabah terus meningkat setiap tahunnya.
Tidak tersedia versi lain