Text
Persaingan Usaha Rumahan sari Kedelai di desa Kalirong Kecamatan Tarokan kabupaten Kediri dalam Perspektif Etika Bisnis Islam
Persaingan usaha adalah proses sosial yang melibatkan individu/ kelompok yang saling berlomba dan berbuat sesuatu untuk mencapai kemenangan tertentu. Islam telah memberikan aturan-aturan yang rinci untuk menghindarkan munculnya permasalahan akibat praktek persaingan yang tidak sehat. Dalam menjalankan usaha tentunya pedagang tidak lepas dengan adanya etika dalam berbisnis memiliki fungsi sebagai pedoman yang dilandasi dengan landasan tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, kebenaran dan ihsan. Adapun fokus penelitian skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana persaingan usaha rumahan sari kedelai di Desa Kalirong Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. 2) Bagaimana persaingan usaha rumahan sari kedelai di Desa Kalirong Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri dalam perspektif etika bisnis Islam.
Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang hasil penelitiannya disajikan dalam bentuk deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah para pengelola sari kedelai di Desa Kalirong. Untuk pengumpulan data, penulis menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan persaingan antar pedagang sari kedelai di Desa Kalirong Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri masih wajar. Hasil berupa (1) produk yang dijual tidak basi (2) tempat pemasaran di pasar-pasar yang ramai (3) promosi yang digunakan melalui merk/logo pada plastik (4) harga yang ditawarkan beda tipis dan cenderung sama. Sedangkan persaingan di Desa Kalirong ditinjau dari etika bisnis Islam masih dalam batas-batas etika bisnis Islam. Hal ini ditunjukkan dengan (1) jujur dalam takaran, tidak mencampur dengan bahan pengawet (2) menjual barang yang baik mutunya, srai kedelai tidak basi (3) tidak menggunakan sumpah (4) longgar dan bermurah hati kepada pelanggan (5) membangun hubungan baik dengan pelanggan, memberi bonus setiap pembelian dalam jumlah yang banyak (6)berkenaan harga dengan trnsparan, tidak membedakan harga antara pembeli satu dengan pembeli lainnya.