Text
Strategi Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dalam Meningkatkan Loyalitas Donatur (Studi kasus lembaga sosial Pesantren Jombang)
Pertumbuhan jumlah lembaga amil zakat di Indonesia membuktikan
kontribusi yang terbesar terhadap perekonomian umat. Karena dari dana-dana
yang terhimpun dari lembaga zakat akan bermanfaat untuk pemberdayaan
ekonomi kaum dhuafa. Namun dengan jumlah lembaga amil zakat yang semakin
meningkat tersebut akan memicu persaingan tiap lembaga amil zakat dalam
meraih simpati dari donatur. Oleh karena itu, tiap lembaga amil zakat dituntut
menciptakan kepercayaan dan keloyalan kepada donatur, agar setiap lembaga amil
zakat dapat menjalankan kegiatan operasionalnya. Loyalitas dari donatur haruslah
dijaga sebab merupakan aset terpenting bagi sebuah organisasi nirlaba seperti
lembaga amil zakat. Karena dengan loyalitas tersebutlah, donatur akan terus
berdonasi dan menjalin hubungan dalam waktu yang lama.
Metodologi penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah
penelitian dengan pendekatan kualitatif yaitu dengan mengumpulkan data melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari karyawan,
donatur, penerima santunan dan ketua lembaga sosial pesantren tebuireng
Jombang serta data tambahan beruapa dokumen melalui wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, paparan data,
dan penarikan kesimpulan. Tahap akhir dan analisis data ini adalah mengadakan
pengecekan keabsahan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan kecukupan
referensial.
Tidak tersedia versi lain