Text
Motivasi Konsumen Memilih Produk Sophie Martin Ditinjau dari Prinsip Dalam islam
Abraham Maslow, menjelaskan bahwa kebutuhan manusia itu berjenjang. Jenjang kebutuhan tersebut tersusun dalam lima hierarki kebutuhan, yaitu kebutuhan fisiologis, rasa aman dan nyaman, sosial dan rasa cinta, harga diri, serta aktualisasi diri. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut, Lukman Hakim menerangkan beberapa prinsip yang harus diperhatikan, yaitu prinsip syariah memperhatikan tujuan konsumsi, kaidah ilmiah, dan bentuk konsumsi. Kemudian prinsip kuantitas memperhatikan kesederhanaan, tidak bermewah-mewahan (berlebihan).
Organisasi PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) merupakan organisasi mahasiswa terbesar di wilayah Kediri. Total keseluruhan anggota PMII cabang Kediri, kampus STAIN Kediri memiliki 50% kader, IAIT memiliki 25% kader, UNISKA 15% kader, dan UNP 10% kader
Shopie Martin adalah perusahaan yang mendistribusikan pakaian, aksesori mode, tas, dan kosmetik dengan metode penjualan langsung. Shopie Martin bagi 50% dari total 196 warga PMII Rayon Raden Sa’id Komisariat Sunan Ampel Kediri, merupakan merek produk yang mahal. Namun sebaliknya, bagi 50% lainnya beranggapan bahwa merek Sophie Martin murah. Meskipun demikian, 98% dari mereka menggunakan merek produk Sophie Martin.
Fokus Penelitian adalah: 1. Apa motivasi konsumen memilih produk Shopie Martin? 2. Bagaimana tinjauan prinsip konsumsi dalam Islam terhadap motivasi konsumen memilih produk Shopie Martin? Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data diperoleh dari warga PMII Rayon Raden Said, serta data tambahan berupa dokumen. Analisis dilakukan dengan cara reduksi data atau penyederhanaannya, paparan atau sajian, dan penarikan kesimpulan. Tahap akhir data analisis data ini merupakan pengecekan keabsahan data menggunakan beberapa teknik, yaitu: perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi dari sudut pandang konsumen yang digunakan para aktivis PMII Rayon Raden Said adalah motivasi rasional. Sedangkan motivasi berdasarkan kebutuhan yang dirasakan sebagian besar aktivis sudah pada kebutuhan rasa aman dan nyaman, serta sebagian kecil lainnya sudah pada kebutuhan sosial dan rasa cinta. Kemudian jika ditinjau dengan prinsip syariah berupa tujuan konsumsi, kaidah ilmiah, dan bentuk konsumsi dalam Islam, maka perilaku sebagian besar aktivis sudah menerapkan prinsip tersebut. Hal yang sama juga ditunjukkan oleh perilaku sebagian besar aktivis pada tinjauan perilaku tidak bermewah-mewahan dalam prinsip kuantitas konsumsi Islam.
Tidak tersedia versi lain