Text
Analisis Persaingan Pasar Tradisional Dengan Pasar Modern Di Bence Kota Kediri Di Tinjau dari Etika Bisnis Islam
Persaingan merupakan sebuah kompetisi dan pertandingan untuk
mencapai tujuan tertentu. Dalam persaingan bisnis adalah usaha-usaha dari dua
pihak atau lebih perusahaan yang masing-masing bergiat “memperoleh pesanan”
dengan menawarkan harga atau syarat yang paling menguntungkan persaingan ini
dapat terdiri dari beberapa bentuk pemotongan harga, iklan atau promosi, variasi
dan kualitas.Dalam persaingan pasar merupakan hal yang penting, karena sebuah
persaingan pasar untuk meningkatkan kualitas berdagang.. dalam persaingan etika
bisnis Islam sebuah konsep persaingan yang menganjurkan para pembisnis untuk
bersaing secara positif (Fastabiqul Khairat) dengan memberikan kontribusi yang
baik dari bisnisnya bukan untuk menjatuhkan pembisnis lainya dan menganjurkan
pembisnis untuk tidak merugikan dan memudharatkan pembisnis lainya.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui persaingan pasar tradisonal
dengan modern di Bence secara umum dan kesesuaianya ditinjau etika bisnis
Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus dilapangan,
menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan bersifat deskriptif.
Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan antara lain: secara umum
persaingan pasar tradisonal dengan modern di Bence dalam persaingan dari faktor
pendorong persaingan dari segi tawar menawar, kekuatan pasok/suplier, ancaman
produk pengganti, dan ancaman pendatang baru. Dari faktor pendorong tersebut
terjadilah persaingan pasar. Dan juga obyek yang dipersaingkan: Produk, Harga,
Tempat, dan Pelayanan. Dari faktor persaingan dan obyek persaingan pasar di
Bence sudah memenuhi syari’at Islam. Pedagang di Bence saling menghormati
pedagang lain dan tidak menjatuhkan satu sama lainya dan tidak menjual diatas
harga pasaran untuk mendapatkan untung sebanyak-banyaknya. Dalam persaingan
Etika Bisnis Islam, Islam tidak mengajarkan bersaing tidak menjatuhkan
pedagang lainya untuk tidak merugikan pedagang lain, bahkan tidak
menganjurkan konsep untuk tidak melakukan persaingan dalam hal yang
mendapatkan kekayaan sebanyak-banyaknya.
Tidak tersedia versi lain