Text
Pengantar teori dan aplikasi pengembangan kurikulum PAI
Kurikulum adalah bagian yang penting dalam dunia pendidikan. Ia bagaikan acuan, rambu dan pedoman arah pendidikan itu akan dibawa. Karena itu, walaupun sudah ada infrastruktur pendidikan, pengajar dan peserta didik, namun tanpa adanya kurikulum, pendidikan laksana kapal yang berlayar tanpa kompas dan tujuan. Sebab itu, kurikulum merupakan bagian yang amat vital dalam dunia pendidikan, tak terkecuali dalam pendidikan agama islam (PAI).
Buku ini memaparkan tentang kurikulum khususnya tentang teori dan aplikasi pengembangan kurikulum PAI. Terdiri atas 14 bab, pembahasan buku ini dibuka dengan pemaparan tentang pengertrian, fungsi dan paradigma kurikulum. disusul dengan pengembangan kurikulum PAI. Asas-asas pengembangan kurikulum PAI mulai dari asas religi, asas filosofi, asas psikologi dan asas sosiologi menjadi pembebasan selanjutnya. Setelah itu, dibahas terkait kurikulum muatan lokal, model-model pengembangan kurikulum lokal dan model kurikulum lokal berbasis akhlak. Lalu disambung dengan pembebasan tentang sejarah kebijakan kurikulum PAI dan peran guru dalam pengembangan kurikulum PAI. Dibagi akhir buku ini disajikan pembahasan mengenai implementasi kurikulum PAI berbasis kompetensi dan reorientasi kurikulum PAI.
Buku ini dapat dibaca khususnya oleh mahasiswa-mahasiswi yang tengah menempuh studi di fakultas tarbiyah dan keguruan. Selain itu, bisa digunakan pula oleh para tenaga pengajar dari sekolah-sekolah berbasis ajaran islam ataupun para dosen dari berbagai perguruan tinggi islam di Indonesia.