Text
Pendidikan islam:pendekatan sistem dan proses
Pendidikan dapat dilihat dari tiga pendekatan.Asapun Pendekatan pertama menganggap pendidikan sebagai pengembangan potensi individu.Sementara pendekatan kedua cenderung melihat pendidikan sebagai pewarisan nilai-nilai budaya.Sedangkan pendekatan ketiga menganggap pendidikan sebagai interaksi antara potensi budaya.Pendidikan menagcu kepada interaksi antara pengembangan potensi dan budaya.Kedua proses itu berjalan seiring,bersama-sama dan isi mengisi antara satu sama lain.
Dalam pendekatan pendidikan Islam,potensi individu adalah karunia Tuhan yang merupakan fitra.Sementara itu,nilai-nilai budaya sebagai tatanan kehidupan islami adalah faktor luar yamg berada dilingkungan manusia.Sehubungan dengan itu,pendidikan Islam harus mampu menyelaraskan pengembangan potensi individu dengan pewarisan nilai-nilai budaya ,mengacu kepada petunjuk Tuhan tentang hakikat penciptaan,yaitu untuk mengabdi kepadanya.
Di rentang pemahaman seperti itu,maka Islam mengidentikkan aktivitas pendidikan dengan kewajiban agama.Kewajiban utama dan pertama yang diamanatkan kepada setiap orangtua.Bapak dan Ibu ditempatkan sebagai pendidik kodrati yang dibebankan kewajiban untuk meletakkan dasar-dasar akidah bagi putra-putri mereka.Dengan demikian pendidikan islam menempatkan keluarga dan rumah tangga sebagai institusi pendidikan dasarnya.
Judul | Edisi | Bahasa |
---|---|---|
Arah baru pengembangan pendidikan Islam/ Muhaimin | Cet. 1 | 0 |
Kapita selekta pendidikan Islam/ Abdullah Ali Djamaluddin | Cet. 2 | 0 |
Pengantar filsafat pendidikan islam / Ahmad D. Marimba | 0 |