Text
Filsafat pendidikan islam : Paradigma baru pendidikan Hadhari berbasis integratif-interkonektif
Buku ini menyajikan konsep pembaruan pendidikan Islam dalam perspektif keilmuan yang integratif-interkonektif. Paradigma keilmuan integratif-interkonektif menyajikan kajian terhadap falsafah, sains, dan agama Islam sebagai hubungan antar entitas yang saling terkait (interconnected entities).
Konsep penulis ditemukan dari indentifikasi terhadap empat problem yang dihadapi oleh pendidikan Islam, yaitu problem lack of vision, kesalehan individual dan ketertinggalan teknologi, dikotomi ilmu, dan tradisi berpikir normatif-deduktif.
Konsep pendidikan hadhari menawarkan jalan keluar atas problema tersebut dengan jalan internalisasi nilai dan prinsip umum yang meliputi petunjuk waktu (releaved guidance), nilai-nilai kenabian, dan nilai-nilai masa keemasan dengan tetap merespons isu-isu kontemporer. Kehadiran buku ini diharapkan memberikan pencerahan bagi konsep pendidikan Islam terutama di kalangan pendidik dan pendidikan di semua tingkatan.