Text
Psikologi pendidikan : dengan pendekatan baru
DAFTAR ISI : BAB 1. PENDAHULUAN Apakah intisari buku ini? Pendekatan psikologi apakah yang dipakai dalam buku ini? Bagaimana kiat mempelajari buku ini? BAB 2. PSIKOLOGI, PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Definisi psikologi, pendidikan dan psikologi pendidikan Arti penting psikologi pendidikan Sejarah, cakupan dan metode psikologi pendidikan Hakikat dan hubungan antara pendidikan dengan pengajaran Rangkuman BAB 3. PROSES PERKEMBANGAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN PROSES BELAJAR Definisi dan faktor yang mempengaruhi perkembangan Proses, tugas dan hukum perkembangan Perkembangan psiko-fisik siswa Arti penting perkembangan kognitif Rangkuman BAB 4. BELAJAR Definisi dan contoh belajar Arti penting belajar Belajar, memori dan pengetahuan dalam perspektif psikologi dan agama Teori-teori pokok belajar Proses dan fase belajar Rangkuman BAB 5. CIRI, PERWUJUDAN, PENDEKATAN DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BELAJAR Ciri khas perilaku belajar Perwujudan perilaku belajar Jenis-jenis belajar Efisiensi, pendekatan dan metode belajar Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar Rangkuman BAB 6. PRESTASI, LUPA, KEJENUHAN, TRANSFER, DAN KESULITAN BELAJAR Evaluasi prestasi belajar Lupa, dan kejenuhan belajar Transfer dalam belajar Kesulitan belajar dan alternatif pemecahannya Rangkuman BAB 7. MENGAJAR Arti penting mengajar Definisi dan contoh mengajar Pandangan-pandangan pokok mengenai mengajar Model dan metode pokok mengajar Strategi dan tahapan mengajar BAB 8. GURU DAN PROSES MENGAJAR-BELAJAR Guru Karakteristik kepribadian guru Kompetensi profesionalisme guru Hubungan guru dengan proses mengajar-belajar Rangkuman