Text
Penilaian autentik : Pembelajaran afektif, kognitif dan psikomotor (konsep dan aplikasi)
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran merupakan bagian yang tidak terpisahakan dari perencanaan maupun pelaksanaan proses pembelajaran guru. Agar penilaian dapat dilaksanakan dengan baik perlu dilakukan secara autentik. Penilaian autentik merupakan penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan, proses, dan keluaran pembelajaran.
Penilaian autentik dilakukan untuk mengukur kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan maupun kompetensi keterampilan. Implementasi penilaian autentik bertujuan mengahasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan secara terintegrasi.
Buku ini mencoba menguraikan penilaian autentik pembelajaran afektif, kognitif, dan psikomotor mulai dari pembuatan dan uji instrumen, penskoran, konversi nilai dan laporan hasil penilaian dan penetapan Kriteria Ketuntasan Minimum secara teoritik maupun implementatif. Buku ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi mahasiswa Fakultas Keguruan dan tenaga pendidik untuk dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan penilaian pembelajaran.