Text
Evaluasi pembelajaran matematika
Ketika skor dan nilai hasil evaluasi anak didik kita dalam rentangan 4-5, maka menjadi peringatan bagi pendidik untuk meninjau ulang dan penataan kembali strategi pembelajaran, strategi evaluasi yang dipakai selama ini, untuk kemudian melakukan penelitian macam strategi apa yang sebenarnya tepat untuk anak didik. Peran pembaharuan pembelajaran ini baru bisa diangkat ke permukaan ketika data tentang hasil evaluasi belajar diinformasikan secara gamblang dan transparansi. Kita tidak lagi harus malu akan data hasil evaluasi apa adanya, karena hal itu demi untuk perbaikan ke depan bagi hasil yang kurang baik. Refleksi akan menarik untuk dilakukan para pendidik demi menggapai cita-cita prestasi belajar siswa yang tinggi.
Dalam kondisi sekarang ini merupakan suatu keharusan bagi para guru, mereka yang bersimpati pada pendidikan untuk bersama-sama meningkatkan prestasi belajar peserta didik agar dapat mendekati prestasi siswa pada negara maju. Meningkatkan prestasi tidak lepas dari meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan materi pembelajaran semua bidang yang menjadi paket satuan pendidikannya. Kompetensi kognitif, afektif, psikomotorik, dan kecerdasan problem solving, membangun karakter siswa, merupakan keharusan yang tidak dapat ditawar-tawar lagi untuk dimiliki para siswa, karena dengannya anak bangsa -bisa bersaing di forum internasional. Kepentingan evaluasi yang bersifat holistik meliputi kepentingan bagi siswa, bagi guru, pembuat kebijakan dan orang tua. Bagi orang tua siapa tidak bangga bila putranya mempunyai prestasi tinggi.
Evaluasi yang baik perlu dikuasai pendidikagarhasilnya objektif, dengan demikian dapat diprediksi besaran nilai prestasi yang akan datang dengan dasar itu. Pada gilirannya apa yang dicita-citakan dari prestasi anak bangsa yang membanggakan insya Allah akan tercapai.
Buku ini penting dibaca,diketahui,dipraktikkan pembaca terutama para pendidik. Karena dengannya ada nilai taimbah untuk hal-hal yang berhubungan dengan evaluasi yang disepakati harus sudah makin baik kedepannya. Semoga.
Judul | Edisi | Bahasa |
---|---|---|
Dasar - dasar evaluasi pembelajaran/ Sudaryono | Cet. 1 | 0 |
Dasar - dasar evaluasi pembelajaran | Cet. 1 | 0 |
Evaluasi pembelajaran : pandian praktis bagi pendidik dan calon pendidik | Cet. II | 0 |