Text
Menjadi guru unggul : bagaimana menciptakan pembelajran yang produktif & profesional
Bangsa yang berkualitas adalah bangsa yang maju pendidikannya. Karena pendidikan
adalah penentu sebuah bangsa menjadi berkembang dan berkualitas. Kiranya
komitmen dan cara pandang seperti inilah yang seharusnya dimiliki dan tertanam
dalam pikiran semua orang dalam suatu bangsa. Karena pendidikan merupakan
sesuatu yang sangat vital bagi pembentukan karakter sebuah peradapan dan
kemajuan yang mengiringnya. Karena itu, sebuah peradapan yang memperdayakan akan
lahir dari suatu pola pendidikan dalam skala luas yang tepat guna dan efektif
bagi konteks dan mampu menjawab segala tantangan zaman.
Pendidikan yang maju tidak bisa lepas dari peran serta guru sebagai pemegang
kunci keberhasilan. Guru menjadi fasilitator yang melayani, membimbing, membina
dengan piawai dan mengusung siswa menuju gerbang keberhasilan. Hidup dan mati
sebuah pembelajaran bergantung sepenuhnya kepada guru. Guru mempunyai tanggung
jawab menyusun strategi pembelajaran yang menarik dan yang disenangi siswa,
yakni rencana yang cermat agar peserta didik dapat belajar, butuh belajar,
terdorong belajar, mau belajar, dan tertarik untuk terus-menerus mempelajari
pelajaran.
Sebagai tenaga pendidik yang memiliki kemampuan kualitatif, guru harus mneguasai
ilmu keguruan dan mampu menerapkan strategi pembelajaran untuk mengantarkan
siswanya pada tujuan pendidikan, dalam hal ini pendidikan agama misalnya, yaitu
terciptanya generasi mukmin yang berkepribadian Ulul Albab dan insan kamil.
Banyak model pembelajaran di sekolah yang bisa diaplikasikan oleh guru.
misalnya, model pembelajaran secara terpadu, baik dengan pusat-pusat pendidikan
-orang tua, masyarakat, dan sekolah-, maupun terpadu dengan materi lain.
Tidak tersedia versi lain