Text
Panduan lengkap kurikulum tematik : untuk SD/MI
Hingga kini, tidak banyak guru yang mengetahui pentingnya penerapan pembelajaran tematik di sekolah, terutama bagi siswa kelas 1–3 SD/MI. Padahal, proses belajar para peserta didik di ranah usia ini termasuk proses belajar anak usia dini. Oleh sebab itu, penerapan pembelajaran tematik (kurikulum tematik) sangat penting. Apalagi, idealnya, anak-anak yang masih duduk di kelas 1–3 SD/MI bukan dituntut menghafal konsep-konsep atau fakta belaka, melainkan juga harus melakukan kegiatan untuk menghubungkan konsep-konsep agar menghasilkan pemahaman yang lebih utuh. Dan, itu semua dapat dicapai dengan menerapkan pola pembelajaran berbasis kurikulum tematik.
Buku yang ada di tangan Anda ini adalah panduan penerapan kurikulum tematik yang sangat penting tersebut, untuk sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI) khusus kelas 1, 2, dan 3. Buku ini ditulis atas dasar kebutuhan yang sangat tinggi akan penerapan pembelajaran berbasis kurikulum tematik, khususnya di tingkat SD dan MI. Di dalam buku ini, dikupas tuntas segala hal seputar cara-cara merancang pembelajaran berbasis kurikulum tematik, tahapan-tahapan implementasi pembelajaran tematik, panduan menyusun jadwal pembelajaran berbasis kurikulum tematik, integrasi tema ke dalam beberapa bidang studi dalam kurikulum tematik, hingga metode penilaian hasil pembelajaran berbasis kurikulum tematik.
Selamat membaca!
Judul | Edisi | Bahasa |
---|---|---|
Mendesain model pembelajaran inovatif, progesif, dan kontekstual : konsep, landasan dan implementasinya pada kurikulum 2013 ( kurikulum tematik integratif/KTI) | Ed. 1, Cet. 1 | 0 |