Text
Evaluasi pembelajaran : prinsip, teknik prosedur
Salah satu komponen pent'ing yang juga merupakan tugas profeslonal guru dalam pembelajaran adalah melaksanakan evaluasi pembelajaran. Istllah "evaluasi" sengaja digunakan oleh penults untuk membedakannya dengan istllah "penllalan" Alasannya, pembelajaran sebagai suatu slstem tldak hanya terdlrl atas hasll belajar tetapi juga komponen-komponen penting lainnya.seperti guru,strategi, dan media.Namun,bukan
berartl di dalam buku ini tidak digunakan istilah penilalan karena hal tersebut merupakan bagian tak terpisahkan dari evaluasi itu sendlrl.
Sebagai bentuk akuntabilitas guru dalam melaksanakan pembelajaran, maka setlap guru dan tenaga kependldlkan lainnya harus memahami konsep, prinslp, teknik, dan prosedur evaluasi pembelajaran sehingga hasil evaluasi dapaX memberikan kepuasan bagl berbagai pihak. Di llngkungan pendidikan formal, guru juga harus dapat menggunakan berbagai Inovasi dan model penllalan yang diamanatkan oleh pemerintah melalui Kurikulum Berbasis Kompetensl tahun 2004,yaltu penllaian berbasis kelas Classroom-based assessment) dengan salah satu jenisnya adalah penllaian portofollo (portofolio assessment).
Hasil evaluasi pembelajaran selaln untuk mengisi buku rapor peserta didik juga dapat dljadlkan feedback bagi guru untuk melakukan refleksi pelaksanaan pembelajaran. Dengan demiklan, setiap saat guru dapat menlngkatkan kinerjanya sehingga secara bertahaptapl pasti mutu pendidikan dapat ditingkatkan.