Text
Pembelajaran konstruktivistik-scientific untuk pendidikan agama di sekolah madrasah
Fenomena semakin maraknya tindak korupsi, asusila, pelecehan seksual, kekerasan, dan penipuan, yang meresahkan di tengah-tengah masyarakat kita menjadi situasi yang sangat bertolak belakang dengan citra bangsa Indonesia yang dikenal masyarakat dunia sebagai bangsa yang religius. Sikap dan perilaku seperti ini sangat jauh dari nilai-nilai religiusitas. Karena sebagaimana diketahui, tidak ada satu agama pun yang membenarkan tindakan amoral, asusila, dan tindak kejahatan dalam kehidupan bermasyarakat. Apalagi bagi Islam, agama mayoritas yang dipeluk oleh masyarakat di Indonesia ini justru menekankan pentingnya akhlak yang mulia dalam kehidupan dan melarang berbuat dosa, asusila, amoral, penganiayaan, penipuan, dan kejahatan.
Kondisi seperti itu membuat masyarakat bertanya-tanya, "Problem besarapayang membuat pembelajaran.agama Islam di sekolah dan madrasah selama ini tidak efektif?" Menurut hasil penelitian ada banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut. Salah satunya yaitu paradigma pembelajaran guru agama Islam di sekolah maupun di madrasah kita masih didominasi dengan paradigma lama yang cenderung behavioristik, teacher centered, siswa pasif, hanya menekankan aspek kognitif, mekanistik, dan penilaian yang artifisial. Padahal menurut Prof. Dr. Dede Rosyada, M.A. (2009), misi Pendidikan Agama Islam adalah pembinaan sikap dan amaliah keberagamaan. Di mana dalam upaya penanaman nilai-nilai keagamaan ini yang dibutuhkan adalah paradigma pembelajaran konstruktivistik-scientific yang menekankan experencial and authentic learning, pembelajaran berbasis riset dan kerja kognitif level tinggi,'pembelajaran multisensori, dan authentic assessment. Selaras dengan hal tersebut, kurikulum baru, Kurikulum 2013, untuk sekolah/madrasah di negeri ini juga menekankan pendekatan scientific untuk proses pendidikan pada semua jenjang dan semua mata pelajaran.
Karena itu buku ini hadir untuk menguraikan konsep dan implementasi paradigma konstruktivistik-sc/ent//7c dalam aplikasinya untuk pembelajaran agama Islam di sekolah dan madrasah. Adapun topik-topik yang dibahas dalam buku ini meliputi: Pendidikan Agama Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan Agama Islam di SD/MI, Pembelajaran Konstruktivistik, Pembelajaran Behavioristik, Konsep Dasar Pembelajaran Agama di SD/MI, Pembelajaran Konstruktivistik-Saintifik untuk Akidah-Akhlak, Al-Qur'an-Hadis, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Kehadiran buku ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para pendidik agama Islam (guru, instruktur, widwaiswara, ustad, dan dosen), serta bagi para mahasiswa kependidikan SI, S2, dan S3 yang sedang belajar dan mendalami bidang kajian pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah. (sumber : http://lib.ummetro.ac.id/index.php?p=show_detail&id=8630&keywords=)