Text
Sikap siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling di madrasah aliyah ma’arifudanawu blitar / Nur Azizatul Husna
Kata Kunci : Sikap Siswa, Bimbingan dan Konseling
Studi ini berawal dari pengamatan penulis mengenai sikap siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Sikap siswa yang negatif terhadap layanan bimbingan dan konseling dapat menghambat pengembangan potensi atau kualitas madrasah maupun individu yang bernaung di dalamnya khususnya kaitannya dengan keberhasilan pendidikan siswa di sekolah, padahal BK merupakan layanan yang menawarkan bantuan kepada siswa agar mereka dapat mengarahkan dirinya sendiri, mandiri, serta dalam pengambilan keputusan maupun dapat memecahkan masalah sesuai keberadaan individu tersebut baik di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat, sehingga siswa dapat meningkatkan maupun mengembangkan potensi yang dimilikinya secara optimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk bimbingan dan konseling yang diterapkan di MA Ma’arif Udanawu Blitar dan untuk mengetahui sikap siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling di MA Ma’arif Udanawu Blitar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI di MA Ma’arif Udanawu yang berjumlah 377. Jumlah sampel yang peneliti ambil didasarkan rumus Issac dan Michael, sehingga dihasilkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 182 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling.Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini angket disusun berdasarkan komponen-komponen sikap dari Mann. Model skala dalam penelitian ini menggunakan model skala likert. Teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif dengan bantuan SPSS 16 for windows. Data yang diolah yaitu skor mean, maximum, minimum, standard deviasi, dan persen atau prosentase dengan visualisasinya berbentuk diagram.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum, sikap siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling di MA Ma’arif Udanawu Blitar adalah tinggi atau positif. Hal ini ditunjukkan oleh nilai mean dengan menggunakan standard true score menunjukkan nilai mean sebesar 143,3. Perincian sikap siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling di MA Ma’arif Udanawu Blitar adalah terdapat 15 (8%) siswa bersikap sangat rendah, 43 (24%) rendah, 62 (34%) sedang, 51 (28%) tinggi dan 11 (6%) siswa yang bersikap sangat tinggi terhadap layanan bimbingan dan konseling di MA Ma’arif Udanawu Blitar.
Tidak tersedia versi lain