Text
Strategi public relation kantor bimbingan ibadah haji (kbih) barokta fina desa sumber kecamatan sanan kulon kabupaten blitar / Rosi Amriani
Kata Kunci : Barokta fina, Strategi Promosi.
Kebutuhan masyarakat terkait pelayanan ibadah umroh sangat besar. Banyak bermunculan KBIH-KBIH di Blitar. Salah satu KBIH yang baru adalah Barokta fina pimpinan Ali Fahat. Barokta fina walaupun baru dari segi umur akan tetapi mampu eksis bahkan dipercaya masyarakat dalam bidang biro perjalanan ibadah umroh.
Keunggulan barokta fina ada pada strategi promosinya. Dengan berbagai strategi antara lain lewat pengajian, sponsorship, silaturohim, dan iklan lewat media cetak maupun elektronik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode wawancara secara mendalam terhadap informan kunci dipergunakan secara maksimal selain observasi dan dokumentasi. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sample (sampel bertujuan).
Dari penelitian di lapangan yang peneliti temukan, diketahui bahwa strategi promosi yang paling efektif digunakan oleh Barokta fina adalah lewat pengajian-pengajian dan silaturohim. Walaupun strategi yang lain tetap digunakan. Penggunaan strategi promosi lewat media massa yang paling efektif menggunakan iklan radio karena pendengar terdiri dari semua kalangan dan bukannya kalangan tertentu saja.
Sedangkan komunikasi dan peran PR yang dilakukan oleh KBIH Barokta Fina secara umum dilakukan oleh Ali Fahat karena peran yang dilakukan oleh stafnya kurang begitu signifikan. Walaupun penting dalam menjalankan roda organisasi tetapi tidak intens dalam promosi.
Tidak tersedia versi lain