Text
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Mengambil Pembiayaan Murabahah di KSSU Harum Dhaha Kediri
ABSTRAK
RIDMA DINI DESITA, Dosen Pembimbing Andriani, SE, MM dan Ashfa Fikriyah, MEI : Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Mengambil Pembiayaan Murabahah di KSSU Harum Dhaha Kediri, Ekonomi Syari’ah (ES), Syari’ah, STAIN Kediri, 2014.
Kata kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan Nasabah, Pembiayaan Murabahah
Bauran pemasaran dan keputusan konsumen berkaitan sangat erat. Bauran pemasaran memberikan suatu dorongan kepada konsumen untuk menjalin ikatan hubungan yang kuat dengan perusahaan. Dalam jangka panjang ikatan seperti ini memungkinkan perusahaan untuk memahami dengan seksama harapan konsumen serta kebutuhan mereka. Banyak masyarakat kecil dan menengah yang membutuhkan dana untuk membeli kebutuhan mereka, baik konsumtif maupun produktif. Salah satu produk yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut adalah produk pembiayaan murabahah sehingga produk murabahah banyak diminati oleh masyarakat, karena produk murabahah dikonsepkan sebagai produk yang praktis bagi lembaga dan masyarakat serta tidak mengandung risiko tinggi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan nasabah dalam mengambil pembiayaan murabahah di KSSU Harum Dhaha Kediri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 120, dengan menggunakan 55 responden sebagai sampel. Analisis yang digunakan yaitu analisis korelasi dan regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran dan keputusan nasabah di KSSU Harum Dhaha Kediri, melalui rumus korelasi pearson dan regresi berganda dengan menggunakan software SPSS versi 16 diperoleh nilai R square sebesar 0,529 yang berarti keputusan nasabah dipengaruhi 52,9 % oleh bauran pemasaran dalam produk pembiayan murabahah dan 47,1 % dipengaruhi faktor lainnya, seperti agama, kebutuhan, kepribadian, gaya hidup, pendapatan, kepuasan, dan lingkungan. Nilai signifikansi produk (0,001) ; harga (0,003) ; lokasi (0,001) ; dan promosi (0,002) sehingga variabel X dan variabel Y signifikan. Selanjutnya, dari hasil regresi berganda diperoleh persamaan Y =16,618+0,328X1+0,233X2+0,017X3+0,05X4. Dari persamaan tersebut dapat diketahui bahwa bauran pemasaran dalam produk pembiayaan murabahah berpengaruh positif terhadap keputusan nasabah. Dari uji signifikansi F, nilai signifikansi 0,000. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan menerima H1 yang menyatakan, “Bauran Pemasaran berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah pembiayaan murabahah di KSSU Harum Dhaha Kediri.” Variabel yang mempunyai pengaruh yang signifikan dibanding ketiga variabel lainnya dengan menyumbang 32,8% terhadap pengaruh keputusan nasabah. Hal ini mengindikasikan bahwa bauran pemasaran yang sudah ada perlu ditingkatkan lagi.
Tidak tersedia versi lain