Text
Pengaruh Metode Penugasan terhadap motivasi belajar siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XII di SMK Negeri 2 Kediri Tahun Pelajaran 2013-2014.
ABSTRAKSI
MOH. ISMAIL, Dosen Pembimbing Drs. H. M. Noer Hadi, MA., dan Salma Sunaiyah, M. Pd.: Pengaruh Metode Penugasan terhadap motivasi belajar siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XII di SMK Negeri 2 Kediri Tahun Pelajaran 2013-2014.
Kata Kunci: Metode Penugasan, Motivasi Belajar Siswa
Sebagaimana kita ketahui bahwa perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi yang semakin pesat pada zaman sekarang, secara langsung maupun tidak langsung dalam dunia pendidikan akan mendapat pengaruh dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Dalam kenyataan sehari-hari permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana pendidik guru agama tersebut dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, sebab akhir-akhir ini banyak peserta didik yang masih kurang dalam memahami ajaran agama Islam. Apakah hal ini disebabkan siswa yang masih kurang aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar atau dari pihak guru yang kurang memperhatikan metode-metode pengajaran, sehingga menyebabkan siswa menjadi apatis dan kurang termotivasi untuk belajar. Sementara diketahui bahwa proses penyampaian guru dalam pembelajaran pada siswa sangat dipengaruhi oleh cara menerapkan metode-metode pembelajaran, seperti metode penugasan yang dapat memotivasi belajar siswa. Berawal dari pemikiran tersebut maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai: Pengaruh Metode Penugasan Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran PAI Kelas XII di SMK Negeri 2 Kediri Tahun Pelajaran 2013-2014.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XII SMK kediri yang beragama Islam berjumlah 319 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 175 siswa. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik Random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data statistik dengan rumus pengaruh product moment.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh suatu kesimpulan bahwa Metode Penugasan PAI Kelas XII di SMK Negeri 2 Kediri tahun pelajaran 2013-2014 termasuk dalam kategori cukup. Hal ini berdasarkan perolehan real score dengan nilai rata-rata (Mean) sebasar 130,86. Sedangkan motivasi belajar siswa juga dalam kategori cukup berdasarkan perolehan nilai rata-rata (mean) sebesar 116,55. Berdasarkan hasil perhitungan pengaruh, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara Metode Penugasan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas XII di SMK Negeri 2 Kediri tahun pelajaran 2013-2014. Besarnya koefisien pengaruh adalah 0,616, sedangkan hasil signifikansi pengaruh didapatkan nilai = 10,2858. nilai tersebut lebih besar dari =1,654 pada tingkat kesalahan 5%. Sedangkan pada pengujian koefisien determinasi diperoleh hasil 0,37,94. hal ini berarti bahwa sebesar 37,94% Metode Penugasan mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Kediri tahun pelajaran 2013-2014
Tidak tersedia versi lain