Text
Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajran Pendidikan Agama Islam di UPTD SMP Negeri 3 Wates
ABSTRAK
Ihda Farikhatun Nisak, Dosen Pembimbing I Drs. Moh. Rois, MA. dan Dosen Pembimbing II Dr. H. Anis Humaidi, M.Ag: Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajran Pendidikan Agama Islam di UPTD SMP Negeri 3 Wates, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri 2014.
Kata Kunci: Upaya Guru, Kreativitas Belajar
Kreativitas adalah hal yang dibutuhkan dalam pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan dan siswa mampu berkreasi dengan mengguanakan pikiran dan ide-idenya untuk menciptakan suasana yang baru dalam pembelajaran. Dalam meningkatkan kreativitas, upaya guru sangatlah dibutuhkan karena guru memiliki peran sebagai fasilitator bagi siswa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Upay guru dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa di UPTD SMPN 3 Wates ini cukup menarik untuk diteliti karena selain memberikan motivasi guru juga menggunakan berbagai upaya seperti menggunakan metode diskusi, outdor study, dan pemberian tugas. Fokus penelitian dalam sekripsi ini adalah: (1) Bagaimana Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Sisiwa pada Mata Pelajaran PAI di UPTD SMPN 3 Wates (2) Apa saja Hambatan-hambatan Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di UPTD SMPN 3 Wates (3)Bagaimana Upaya Mengatasi Hambatan-hambatan dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di UPTD SMPN 3 Wates.
. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dilanjutkan dengan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh. Sedangkan data analisis dapat meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1. Upaya Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Pelajaran PAI di UPTD SMPN 3 Wates adalah: a) Menggunakan metode pembelajaran: metode pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa disini adalah diskusi, inkuiri dan tanya jawab. b) Menggunakan media pembelajaran: media yang digunakan guru untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pelajaran PAI disisni yaitu LCD dan internet. c) Pengkondisian kelas dan pemberian tugas: pengkondisisan kelas disisni adalah penataan ruang dan suasana kelas yaitu dengan pembelajaran yang dilakukan di Mushola dan melaksanakan sholat Dhuha sebelum pelajaran dimulai, serta pemberian tugas atau PR yang bertujuan agar siswa mau terus belajar dirumah. 2. Hambatan-hambatan dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Pelajaran PAI di UPTD SMPN 3 Wates adalah: a) kurangnya dukungan dan motivasi dari keluarga. b) kurangnya kemampuan siswa tentang BTQ dan sholat. 3. Upaya Mengatasi Hambatan-hambatan dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Pelajaran PAI di UPTD SMPN 3 Wates adalah: a) memotivasi siswa agar belajar dirumah dengan memberikan PR. b) memberikan perhatian khusus bagi siswa yang belum bisa BTQ dan sholat
Tidak tersedia versi lain