Text
Upaya pengelola pondok pesantren dalam pembelajaran dasar-dasar kitab kuning (Studi kasus di pondok pesantren Mambaul Hisan Ngadiluwih Kediri)
ABSTRAK
M. DIHQOM LABIB. Dosen pembimbing Dra. Fartika Ifriqia, M. Pd dan Ibrahim Bin Said, M. Si. Upaya pengelola pondok pesantren dalam pembelajaran dasar-dasar kitab kuning (Studi kasus di pondok pesantren Mambaul Hisan Ngadiluwih Kediri) Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014
Kata Kunci : Pengelola pondok pesantren dan Pembelajaran dasar-dasar kitab kuning.
Pondok pesantren adalah tempat mencari ilmu, di mana dikaji tentang ilmu-ilmu keislaman. Dalam memajukan pondok pesantren dan mempelajari ilmu-ilmu keislaman yaitu kitab kuning, upaya pengasuh pondok pesantren dan penggunaan metode pembelajaran sangat perlu, karena dengan upaya pengasuh pondok pesantren dan penggunaan metode tujuan pembelajaran akan tercapai. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya pengelola pondok pesantren dalam pembelajaran dasar-dasar kitab kuning di pondok pesantren Mambaul Hisan Ngadiluwih Kediri? 2) Bagaimana metode pembelajaran dasar-dasar kitab kuning di pondok pesantren Mambaul Hisan Ngadiluwih Kediri? 3) Apa saja hambatan pembelajaran dasar-dasar kitab kuning pada santri di pondok pesantren Mambaul Hisan Ngadiluwih Kediri?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, berupa ucapan atau tulisan dan perilaku yang dapat diamati. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga atau gejala-gejala tertentu. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan dan keabsahan data dengan triangulasi.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah 1)upaya pengasuh pondok pesantren dalam pembelajaran dasar-dasar kitab kuning untuk santri di pondok pesantren Mambaul Hisan Ngadiluwih Kediri adalah keikutsertaan pengasuh pondok pesantren dalam mengajari santri dalam proses pembelajaran di kelas, mengajari para ustadz-ustadzah kitab kuning dan memberi pengajaran administrasi pendidikan serta bagaimana mengajar di dalam kelas. Selain itu pengajar juga mengajar dengan teknolgi modern berupa laptop dan proyektor. 2) Metode pembelajaran kitab kuning yang digunakan pondok pesantren Mambaul Hisan Ngadiluwih Kediri adalah wetonan, sorogan, tanya jawab, praktik dan musyawarah. 3) Hambatan pembelajaran dasar-dasar kitab kuning pada santri di pondok pesantren Mambaul Hisan adalah santri yang kurang dapat memahami materi yang diajarkan oleh para ustadz ustadzah dan kurangnya sarana prasarana yang mendukung, seperti perpustakaan dan ruang kelas.
Tidak tersedia versi lain