Text
Penerapan metode belajar Everyone is a teacher dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas XI IPS 1 mata pelajaran akidah akhlak di MA Al-Manar Tanjungtani Prambon tahun pelajaran 2013/2014
ABSTRAK
ULFIATI, Dosen Pembimbing Drs. Moh Irfan Burhani, M.Psi dan Imron Muzzaki, M.Psi : Penerapan metode belajar Everyone is a teacher dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas XI IPS 1 mata pelajaran akidah akhlak di MA Al-Manar Tanjungtani Prambon tahun pelajaran 2013/2014, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci : Everyone is a teacher, Prestasi, Akidah Akhlak
Dalam pembelajaran yang menggunakan metode tradisional atau ceramah tidak semua siswa mampu berkonsentrasi dalam waktu yang lama, seperti yang terjadi di kelas XI IPS 1 MA Al-Manar Tanjungtani Prambon, ternyata antusias peserta didik terhadap pembelajaran Akidah Akhlak sangat kurang, sehingga peserta didik tidak menguasai materi yang telah guru sampaikan dan akhirnya berdampak pada prestasi belajar siswa. Dari 39 siswa yang tuntas hanya 21 siswa dengan nilai ketuntasan minimal 78. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mencoba metode baru yang diasumsikan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu dengan menggunakan metode everyone is a teacher. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode belajar Everyone is a teacher dalam pembelajaran akidah akhlak dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XI IPS 1 MA Al-Manar Prambon
Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan empat tahapan, 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Sumber data adalah skor tes siswa. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan, dokumentasi dan tes. Analisa data hasil belajar yaitu siswa yang tuntas belajar dibagi jumlah keseluruhan siswa dikalikan 100.
Dalam penelitian ini terdapat tiga temuan, yaitu : 1) Pertama, pada pra siklus prosentase ketuntasan belajar siswa yang diperoleh yaitu 53,846 % yang mempunyai nilai rata-rata 75,512 sehingga antusias siswa terhadap proses pembelajaran akidah akhlak sangatlah kurang. Kedua, pada siklus 1 ternyata masih belum terdapat perubahan yang signifikan dengan prosentase hasil dimana pada siklus ini mengalami sedikit kemunduran yaitu 53,15 % dengan rata-rata nilai 74,615. Hal ini dikarenakan masih belum terlalu pahamya siswa terhadap metode baru yang akan diajarkan. Ketiga, setelah pelaksanaan siklus 2 mengalami peningkatan yang besar dalam proses belajar mengajar dengan prosentase hasil 97,435 % dengan nilai rata-rata 88,589. 2) Penerapan metode everyone is a teacher dari pra siklus sampai siklus ke dua berjalan dengan baik namun ada beberapa hambatan, dan hambatan tersebut segera dicari jalan keluarnya pada saat refleksi tindakan dalam tiap siklusnya agar siklus selanjutnya hambatan tersebut bisa dihindarkan. 3) Untuk mengatasi hambatan yang muncul, maka dilakukan refleksi pada tiap siklus, diantaranya sebelum adanya pelajaran siswa sudah diberitahu akan menggunakan metode tersebut agar mereka dapat mempersiapkan dengan baik sehingga metode everyone is a teacher dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1 MA Al-Manar Tanjungtani Prambon
Tidak tersedia versi lain